Teknisi Nokia Paparkan Cara Bajak Aplikasi WP 8

Kompas.com - 14/12/2012, 15:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

msdn Screenshot Windows Store


KOMPAS.com - Seorang teknisi Nokia yang mengerjakan proyek WIndows Phone 8 mengungkapkan bahwa judul-judul berbayar di toko aplikasi Windows Store ternyata bisa diperoleh secara "gratis".

Caranya pun ada banyak. Trial apps bisa diubah menjadi versi penuh dengan memodifikasi sebagian file yang disimpan secara lokal di komputer pengguna, serta iklan dalam aplikasi bisa dihilangkan dengan mengutak-atik file XAML.

Ingin beli item dalam game dengan harga lebih murah atau tak bayar sama sekali? Itupun bisa dilakukan dnegan memodifikasi local files atau menginjeksi script ke process Internet Explorer 10.

Justin Angel, sang teknisi Nokia itu, menjelaskan bahwa hal-hal ini dimungkinkan berkat masalah fundamental dalam metode peyimpanan data lokal yang dipakai aplikasi-aplikasi dari Windows Store. "Kalau data disimpan di komputer secara lokal, maka kita bisa mencari dan memodifikasinya," ujar Angel dalam sebuah posting blog.

Angel menjelaskan proses "membajak" aplikasi Windows Store tersebut melalui sejumlah judul game. Dalam game Soulcraft, misalnya, dengan melakukan decrypting dan editing file XML, dia berhasil memperoleh 1.000.000 gold senilai lebih dari 1.000 dollar AS dalam bentuk uang sebenarnya.

Trial version dari Meteor Madness bisa diubah menjadi versi penuh. Ada juga contoh modifikasi untuk membuang iklan di Minesweeper dan membuka level di Cut the Rope. Intinya, selalu ada cara mencurangi usaha developer untuk mencari uang. Ini tentu merupakan berita buruk buat pengembang aplikasi yang menjual karyanya lewat Windows Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angel mengatakan bahwa temuannya dimaksudkan untuk pihak Microsoft dan developer agar bisa bertukar pengetahuan dan mencari jalan keluar. Nokia sendiri tak ada sangkut pautnya dengan penelitian kecil yang dilakukan Angel ini.

Untuk alasan yang tidak diketahui, situs milik Justin Angel saat ini sedang tak bisa diakses, namun tulisannya tetap tersedia di Google Cache.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.