Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kontes Kecantikan" Kanal 3G Resmi Digelar

Kompas.com - 14/12/2012, 16:42 WIB

Andreas Solaro/AFP/File


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menggelar seleksi dua blok kanal 3G yang tersisa di frekuensi 2.100MHz, Jumat (14/12/2012). Metode seleksi yang digunakan adalah kontes kecantikan (beauty contest).

Metode ini memprioritaskan alokasi dua blok 3G kepada operator seluler yang paling membutuhkan tambahan spektrum frekuensi.

Parameter kebutuhan tambahan blok 3G itu bisa dilihat dari jumlah spektrum yang telah digunakan operator, jumlah pelanggan, infrastruktur, dan kepatuhan mereka terhadap peraturan, seperti membayar Biaya Hak Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio untuk Izin Pita Spektrum Frekuensi Radio (BHP IPSFR) di pita frekuensi radio 2.100MHz.

Dikutip KompasTekno dari siaran pers Kemenkominfo, saat ini Tim Seleksi Kanal 3G telah menyiapkan dokumen seleksi untuk menjelaskan persyaratan, prosedur, formulir, dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan Seleksi untuk dipatuhi oleh peserta seleksi.

Pengambilan dokumen seleksi dibuka pada 3 dan 4 Januari 2013. Kemenkominfo berharap seleksi kanal 3G bisa rampung pada Maret 2013.

Jaringan 3G di spektrum frekuensi 2,1 GHz memiliki total rentang pita 60MHz yang terbagi dalam 12 blok kanal. Setiap blok memiliki rentang pita 5 MHz.

Sebanyak 10 blok kanal sudah teralokasi untuk lima operator seluler pemegang lisensi 3G, yaitu Telkomsel di blok 4 dan 5, Indosat di 7 dan 8, XL Axiata di 9 dan 10, Axis Telekomunikasi Indonesia di 2 dan 3, dan Hutchison CP Telecommunications (Tri) di 1 dan 6.

Blok 11 dan 12 hingga kini belum dialokasikan untuk operator seluler. Nah, kedua blok inilah yang diperebutkan oleh lima operator seluler berlisensi 3G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com