"Kontes Kecantikan" Kanal 3G Resmi Digelar

Kompas.com - 14/12/2012, 16:42 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Andreas Solaro/AFP/File


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menggelar seleksi dua blok kanal 3G yang tersisa di frekuensi 2.100MHz, Jumat (14/12/2012). Metode seleksi yang digunakan adalah kontes kecantikan (beauty contest).

Metode ini memprioritaskan alokasi dua blok 3G kepada operator seluler yang paling membutuhkan tambahan spektrum frekuensi.

Parameter kebutuhan tambahan blok 3G itu bisa dilihat dari jumlah spektrum yang telah digunakan operator, jumlah pelanggan, infrastruktur, dan kepatuhan mereka terhadap peraturan, seperti membayar Biaya Hak Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio untuk Izin Pita Spektrum Frekuensi Radio (BHP IPSFR) di pita frekuensi radio 2.100MHz.

Dikutip KompasTekno dari siaran pers Kemenkominfo, saat ini Tim Seleksi Kanal 3G telah menyiapkan dokumen seleksi untuk menjelaskan persyaratan, prosedur, formulir, dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan Seleksi untuk dipatuhi oleh peserta seleksi.

Pengambilan dokumen seleksi dibuka pada 3 dan 4 Januari 2013. Kemenkominfo berharap seleksi kanal 3G bisa rampung pada Maret 2013.

Jaringan 3G di spektrum frekuensi 2,1 GHz memiliki total rentang pita 60MHz yang terbagi dalam 12 blok kanal. Setiap blok memiliki rentang pita 5 MHz.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 10 blok kanal sudah teralokasi untuk lima operator seluler pemegang lisensi 3G, yaitu Telkomsel di blok 4 dan 5, Indosat di 7 dan 8, XL Axiata di 9 dan 10, Axis Telekomunikasi Indonesia di 2 dan 3, dan Hutchison CP Telecommunications (Tri) di 1 dan 6.

Blok 11 dan 12 hingga kini belum dialokasikan untuk operator seluler. Nah, kedua blok inilah yang diperebutkan oleh lima operator seluler berlisensi 3G.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X