Kompas.com - 16/12/2012, 10:57 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Pendiri Google Larry Page mengenakan kacamata pintar Google di Inggris, pertengan Mei 2012

KOMPAS.com - CEO Google Larry Page menyatakan kekecewaannya atas usaha Apple menghambat perkembangan raksasa internet itu. Dia juga merasa bahwa pendekatan "model pulau" yang diterapkan perusahaan berlambang buah itu merugikan dan mengisolasi konsumen.

"Saya pikir akan lebih baik seandainya kita bisa saling bekerjasama dan pengguna tak perlu jadi korban," ujar Page pada Fortune, seperti dikutip oleh Slashgear. Menurut dia, Google ingin agar produk dan jasanya tersedia bagi sebanyak mungkin orang. Kadang Google "diperbolehkan melakukan itu oleh para kompetitornya", di lain waktu mereka "tidak diperbolehkan".

Belakangan, pada update iOS 6, Apple menyingkirkan beberapa layanan Google seperti YouTube dan Google Maps yang diganti dengan software maps buatan Apple sendiri.

Kecenderungan yang ditunjukkan oleh perusahaan lain untuk menghambat Google, menurut Page, bukan hanya merugikan Google namun juga para pengguna secara umum. Dia mengatakan bahwa ekosistem tertutup -seperti iTunes dan iOS App Store- berlawanan dengan semangat dan etos awal internet.

"Internet diciptakan dalam kampus-kampus dan dirancang untuk memudahkan orang-orang dalam bekerja sama. Saya pikir komersialisasi membuatnya seperti sebuah 'pulau' terpencil. Itu sangat disayangkan bagi pengguna," ujar Page.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.