Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Tunda Investasi, Foxconn Alami Masalah Internal

Kompas.com - 17/12/2012, 15:24 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan Foxconn hanya menunda rencana investasinya di Indonesia ke tahun depan. Penundaan tersebut lebih disebabkan karena masalah internal mereka.

"Foxconn tetap OK, hanya digeser ke 2013. Itu hanya ada masalah internal mereka," kata Hatta saat ditemui selepas Rapat Koordinasi tentang Lapangan Kerja di kantornya Jakarta, Senin (17/12/2012).

Menurut Hatta, pihak Foxconn tidak mengalami masalah terkait dari sisi regulasi di Indonesia. Khususnya regulasi pajak, bea masuk atau hingga urusan lahan. "Urusan itu (regulasi), tidak juga. Itu lebih ke internal mereka. Tinggal eksekusi saja," tambahnya.

Sayangnya, Hatta enggan menjelaskan masalah internal yang dialami Foxconn saat ini, sehingga mereka menunda rencana investasinya di Indonesia.

Sekadar catatan, Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan Foxconn menunda rencana investasi di Indonesia dalam 3-6 bulan ke depan. Ada tiga masalah yang masih menyebabkan mereka menunda untuk berinvestasi yaitu masalah regulasi, urusan local partner dan lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com