Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, "Robot Hijau" Masih Kuasai Indonesia

Kompas.com - 18/12/2012, 09:27 WIB

Wicak Hidayat/Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Walaupun mengalami sedikit penurunan dari segi market share, perangkat berbasis Android akan tetap menguasai Indonesia pada 2013 mendatang. Menurut prediksi International Data Corporation (IDC), Android akan menguasai 53 persen pasaran ponsel Indonesia.

“Di tahun 2012, Android memegang 56 persen market share di Indonesia. Di tahun 2013, market share Android akan sedikit menurun ke angka 53 persen,”kata Darwin Lie, Market Analyst Client Devices IDC Indonesia, saat berbincang dengan KompasTekno, Senin (17/12/2012).

Menurut Darwin Lie, harga menjadi salah satu kunci kesuksesan Android di Indonesia. Saat ini, sudah banyak ponsel Android dengan harga di antara 100 hingga 200 dollar AS. Hal inilah yang membuat konsumen di Indonesia begitu tertarik dengan Android.

Bagaimana dengan pesaing utama Android, iOS, di Indonesia? Pada 2013, perangkat berbasis iOS diprediksi masih sepi peminat di Indonesia dengan hanya menguasai 3 persen market share.

Harga perangkat yang tinggi masih menjadi faktor utama mengapa iOS masih belum bisa bicara banyak di Indonesia.

 

“Pasar untuk perangkat iOS masih tetap ada, tapi terbatas,” jelas Darwin.

Perangkat ponsel yang sempat merajai Indonesia selama beberapa saat, BlackBerry (BB), juga akan mengalami sedikit penurunan. Di tahun 2012 ini, perangkat buatan Research In Motion (RIM) ini memiliki market share sebesar 37 persen. Sedangkan di tahun 2013, perangkat ini mampu menggapi 35 persen market share Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com