Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Bantah Batalkan Investasi di Indonesia

Kompas.com - 18/12/2012, 15:28 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Foxconn Technology Group membantah membatalkan investasinya di Indonesia. Unit usaha Foxconn, Hon Hai Precision Industry Co, Ltd, memastikan akan tetap berinvestasi di Indonesia kendati belum bisa memastikan kapan realisasinya.

Hon Hai merupakan pemasok komponen ponsel terbesar di dunia. Salah satunya bagi Apple Inc, produsen iPhone.

Juru bicara Hon Hai, Simon Hsing, mengaku sedang mengevaluasi beberapa hal dalam investasi di Indonesia itu. "Termasuk mencari mitra lokal yang bisa membantu distribusi dan pemasaran," katanya, Selasa (18/12/2012).

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan, Foxconn telah menunda investasinya beberapa bulan ke depan. Dia mengatakan, penundaan itu akibat perbedaan perhitungan pajak dan termasuk ketidakcocokan dengan mitra lokal.

Ketika ditanya mengenai pembangunan pabrik di Indonesia, Hon Hai malah mengelak. "Kami dan pemerintah tidak pernah bicara mengenai jadwal dan besarnya investasi. Kami tidak melihat adanya penundaan," ucapnya.

Hsing mengaku terus berkomunikasi dengan pemerintah setempat. Dia berharap masalah bisa selesai dan ada perkembangan berarti dalam beberapa pekan mendatang. (Edy Can/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com