Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akui Salah, Instagram Bantah Jual Foto Pengguna

Kompas.com - 19/12/2012, 11:56 WIB

KOMPAS.com — Instagram menanggapi protes yang dilontarkan pengguna terkait Kebijakan Privasi dan Syarat Layanan baru. Layanan berbagi foto ini mengklarifikasi "tidak berencana" menjual foto pengguna untuk kepentingan iklan, Selasa (18/12/2012).

Pendiri sekaligus CEO Instagram, Kevin Systrom, menulis di blog resmi perusahaan bahwa pengguna salah menafsirkan istilah dalam Syarat Layanan (Terms of Use) yang baru saja dirilis Senin lalu. Ia menegaskan, Instagram tak menjual foto pengguna kepada pihak ketiga tanpa kompensasi.

"Ini tidak benar dan itu adalah kesalahan kami bahwa bahasa yang kami gunakan memang membingungkan," tulis Systrom. "Jelas saja, bukan niat kami untuk menjual foto Anda. Kami sedang bekerja memperbaiki bahasa agar semuanya menjadi jelas."

Facebook yang membeli Instagram pada Mei 2012 lalu memang berencana menghasilkan uang dari layanan Instagram. Kebijakan Syarat Layanan baru yang cenderung melanggar hak kekayaan intelektual itu justru menjadi bumerang bagi Instagram. Banyak pengguna yang mengancam menutup akun dan memboikot. Untungnya, Facebook dan Instagram segera merespons dan mengklarifikasi.

Sebagai strategi iklan untuk mendapatkan uang, Instagram akan menampilkan gambar profil pengguna lain dan informasi tentang siapa yang mereka follow. Teknik ini mirip seperti iklan sponsored stories di Facebook.

Systrom pun berjanji tidak akan menampilkan foto iklan dalam lini masa (timeline) pengguna karena Instagram menghindari "spanduk" iklan.

Instagram kini memiliki 100 juta pengguna. Mulanya, kesepakatan akuisisi Instagram oleh Facebook mencapai 1 miliar dollar AS dalam bentuk tunai dan saham. Transaksi akuisisi diselesaikan pada September 2012 senilai 715 juta dollar AS. Jumlah tersebut turun seiring anjloknya nilai saham Facebook di bursa Nasdaq, New York, Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com