Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BimaTri "Colek" Saat Kuota Internet Menipis

Kompas.com - 19/12/2012, 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Operator seluler Tri merilis aplikasi asisten pribadi digital BimaTri, Rabu (12/12/2012). Aplikasi ini mampu memberi notifikasi terkait informasi kuota internet yang tersisa.

Bima adalah singkatan dari broadband internet mobile assistant. Tersedia untuk perangkat BlackBerry, Android, iOS, serta untuk komputer bersistem operasi Windows dan Mac OS.

Pengguna terlebih dahulu harus log-in di aplikasi BimaTri. Ia memberi informasi seputar sisa pulsa, kuota internet, masa berlaku, akses gratis, dan notifikasi. Namun, notifikasi hanya dilakukan untuk kuota internet.

BimaTri juga bisa digunakan untuk membeli pulsa, membeli paket internet, paket BlackBerry, hingga paket AlwaysOn. Pembelian bisa dilakukan melalui Mandiri ClickPay serta kartu kredit Visa dan Master Card.

Uniknya, BimaTri dapat mengirim notifikasi sisa kuota untuk mengingatkan pengguna agar tak kehabisan kuota.

Deputy General Manager Value Added Service & User Experience Tri, Hiro Whardana, mengatakan, aplikasi ini dikembangkan oleh dua perusahaan pengembang aplikasi, yaitu Altermyth dan LinkIT. "Pengembangan dilakukan selama 2,5 bulan. Lalu percobaan 6 bulan," kata Hiro di sela acara peluncuran BimaTri.

Sepekan setelah dirilis, BimaTri telah diunduh 130 ribu kali. Pengunduh terbanyak berasal dari perangkat Android, yaitu 60%. Pengunduh terbanyak kedua berasal dari komputer Windows dan Mac, diikuti oleh BlackBerry dan Apple iOS.

Saat ini, BimaTri belum tersedia untuk sistem operasi Windows Phone dan Nokia. Hal ini dikarenakan hanya sedikit pengguna Tri yang menggunakan Windows Phone, begitu pun pengguna Nokia yang masih sedikit memakai layanan internet Tri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com