Berawal di Instagram, Pelajar Swedia Rusuh

Kompas.com - 20/12/2012, 07:55 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Goran Sjogren/ ScanpixScreenshot akun Instagram bermasalah (kiri), dan gambar polisi berjaga-jaga di depan sebuah mall di kota Gothenburg, Sweida

KOMPAS.com - Jangan sembarangan melabeli foto-foto di Instagram, inilah pelajaran yang bisa dipetik oleh seorang gadis 17 tahun asal Swedia, yang nyaris diamuk ratusan orang seumuran dirinya karena posting di Instagram.

Gara-garanya, akun bersangkutan menunggah foto-foto remaja pria dan wanita yang disebutnya sebagai "PSK" alias "kupu-kupu malam". Hal ini membuat berang sejumlah remaja yang lantas mengatur penyerangan terhadap gadis itu lewat Facebook.

"Undangan" tersebut ditanggapi ratusan remaja yang kemudian berkumpul di Gothenburg, Swedia, untuk menemui si pemilik akun Instagram. Beruntung, dia masih sempat dibawa ke tahanan polisi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kumpulan anak-anak muda itu lalu melakukan tindakan anarkis. Saksi mata mengatakan bahwa mereka  mulai melempar batu dan botol, serta "merusak tiang lampu dan melompat-lompat di atas mobil."

Akun Instagram yang dipermasalahkan itu sendiri ditutup sebelum kerusuhan terjadi. Tetapi akun serupa ternyata juga ada di Facebook.

Kedua akun ini mengajak pengguna untuk memberi informasi tentang "PSK" di kota Gothenburg dan memajang foto lebih dari 200 orang remaja, disertai deskripsi mengenai aktifitas seksual yang dituduhkan. Beberapa orang dalam foto baru berusia 13 atau 14 tahun. Identitas para pengirim foto tersebut tidak diungkapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X