Kompas.com - 20/12/2012, 08:24 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

AFP Nokia

KOMPAS.com - Nokia dikabarkan sedang menyiapkan tablet berukuran 10 inci yang menggunakan Windows RT sebagai sistem operasinya. Tablet ini juga dikabarkan akan rilis pada Februari 2013, bertepatan dengan ajang konferensi dan pameran Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Kabar ini datang dari portal berita teknologi Digitimes asal Taiwan. Dalam produksi tablet, Nokia menggandeng Compal Electronics sebagai pemanufaktur, Qualcomm sebagai desainer prosesor dua inti System on Chip (SoC), dan tentu saja Microsoft.

Ada 200 ribu unit tablet Windows dari Nokia yang siap dikapalkan pada tahap awal.

Nokia memang punya rencana membuat tablet sendiri. Hal ini dinyatakan sendiri oleh kepala desain Nokia, Marko Ahtisaari kepada majalah Kauppalethi Optio asal Finlandia, Maret 2012. Ahtisaari mengatakan, ia menghabiskan sepertiga waktunya untuk menciptakan tablet. "Kami bekerja untuk itu," katanya.

Hingga saat ini, rencana tersebut belum terwujud. Menurut Digitimes, Nokia menunda peluncuran tablet Windows karena Microsoft telah lebih dulu memasarkan tablet Surface pada Oktober 2012.

Beredar kabar pula bahwa tablet Nokia akan hadir penuh warna seperti ponsel pintar Lumia yang bersistem operasi Windows Phone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.