Donasi Rp 4,8 Triliun dari Pendiri Facebook

Kompas.com - 20/12/2012, 11:04 WIB
EditorReza Wahyudi

forbes.com Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook

KOMPAS.com — Pendiri sekaligus CEO jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg, kembali beramal. Kali ini, Zuckerberg menyumbangkan saham Facebook senilai nyaris 500 juta dollar AS (sekitar Rp 4,8 triliun) kepada Sillicon Valley Community Foundation.

Sillicon Valley Community Foundation adalah perusahaan non-profit yang bertugas untuk menyalurkan donasi kepada pihak yang membutuhkan. Nantinya, Zuckerberg dan sang istri, Priscilla Chan, akan bekerja sama dengan perusahaan ini untuk mengembangkan pendidikan dan kesehatan.

Secara total, Zuckerberg menyerahkan 18 juta lembar saham kepada Sillicon Valley Community. Nilai saham tersebut diperkirakan sebesar 498 juta dollar AS berdasarkan harga saham penutupan pada Selasa (18/12/2012), ketika Zuckerberg memberikan donasi ini.

Dikutip dari Cnet, Kamis (20/12/2012), ini adalah donasi dengan nilai uang terbesar yang pernah dilakukan oleh Zuckerberg.

"Saya berharap kita akan menghasilkan dampak yang positif pada proyek ini," kata Zuckerberg dalam status update-nya di Facebook.

Nama Zuckerberg memang sudah tidak asing lagi untuk dunia amal. Sebelumnya, pria yang baru berusia 28 tahun ini pernah menyumbangkan 100 juta dollar AS, juga dalam bentuk saham, kepada sebuah sekolah di Newark, NJ, pada tahun 2010 yang lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zuckerberg juga sudah mengikuti program yang bernama Giving Pledge, sebuah kampanye yang dicetus oleh pendiri Microsoft, Bill Gates, dan investor Warren Buffet. Kampanye ini ingin mengajak semua orang kaya di AS untuk mendonasikan sebagian dari kekayaan mereka untuk kegiatan amal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X