Kompas.com - 21/12/2012, 07:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

slashgear.comNotebook HP Mini Note

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data dari lembaga survei pasar GfK, pasaran notebook Indonesia hingga bulan Oktober 2012 lalu didominasi oleh notebook murah seharga di bawah Rp 4 juta dengan penguasaan pasar 59 persen.

Angka itu terbagi dua untuk segmen notebook di bawah Rp 4 juta (29 persen) dan di bawah Rp 3 juta (30 persen). Selama ini, menurut Market Development Manager Hewlett Packard Indonesia Cynthia Defjan, pihaknya mengandalkan produk netbook tipe HP Mini Note untuk mengisi pasar notebook di bawah Rp 3 juta yang juga merupakan segmen terbawah.

Akan tetapi, seri produk tersebut disebutnya sudah akan menghilang dari pasaran mulai 2013. "Intel sudah menghentikan support untuk tipe produk ini, jadi HP Mini Note pun absen dari roadmap kami," ujar Cynthia dalam acara perkenalan HP Pavillion Sleekbook 14 di Jakarta, Kamis (20/12/2012) kemarin.

Cynthia menambahkan, untuk saat ini produk HP Mini Note masih tersedia di pasaran. Tapi shipment terakhir telah dikirimkan kuartal lalu di bulan Oktober. Mulai Januari 2013, HP Mini Mini disebutnya akan mulai berhenti dipasarkan. "Saya rasa menghilangnya produk-produk notebook kecil (netbook) ini bukan hanya dari HP saja, tapi produsen notebook lain pun akan mengalami hal serupa."

HP Mini Note sendiri adalah lini produk notebook kecil (netbook) dengan bentang layar 10 inci yang menggunakan prosesor Intel Atom.

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan HP Mini Note, Cynthia mengatakan bakal mengandalkan produk-produk dengan prosesor AMD. Tapi, lanjutnya lagi, produk HP yang menggunakan prosesor AMD selama ini belum ada yang memiliki level harga di bawah Rp 3 juta.

"Jadi kami akan mengalihkan fokus ke segmen yang berada di atasnya, sambil berharap perkembangan teknologi akan membawa alternatif baru untuk mengisi pasar," jelas Cynthia.

Menurut dia, segmen pasar produk notebook di bawah Rp 3 juta (netbook) memang sudah mengecil proporsinya dibanding keseluruhan segmen pasar notebook. "Makanya kami masuk ke segmen pasar notebook Rp 3-4 juta, antara lain melalui produk HP Sleekbook ini," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.