Kompas.com - 21/12/2012, 08:14 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com Samsung tampaknya bukan satu-satunya produsen yang gemar menyindir saingan beratnya, Apple, lewat iklan. Belakangan, perusahaan LG yang sama-sama berasal dari Korea Selatan pun ditemukan melakukan hal serupa.

Mengutip Korea Times, Unwired View melaporkan bahwa Senin (17/12/2012) lalu LG menempatkan sebuah iklan bergambar di "semua media utama" di Korea Selatan. Dalam iklan itu, diperlihatkan ponsel Android andalan LG, Optimus G, terbang menembus buah apel yang ada bekas gigitannya.

Melengkapi gambar tersebut, terdapat teks berbunyi "keputusan dalam sekejap akan menentukan dua tahun berikutnya". Kesan yang ditimbulkan adalah calon pembeli harus mempertimbangkan Optimus G buatan LG sebelum terikat kontrak membeli iPhone. Iklan itu tidak menjelaskan apa persisnya yang menjadi kelebihan Optimus G dibanding produk Apple.

Selain itu, LG Uplus (operator seluler terbesar ketiga di Korea Selatan yang juga anak perusahaan grup LG) memasang poster di toko-toko yang isinya turut menyinggung produk Apple.

Kalimatnya bernada ofensif, seperti "iPhone 5? Sangat mengecewakan". Layar 4 inci milik iPhone 5 pun dikatakan "terlalu kecil". Poster tersebut juga menyoroti absennya fitur NFC dan DMB-TV (siaran TV untuk perangkat bergerak yang hanya bisa dipakai di Korea).

LG sendiri dilaporkan membantah bahwa pihaknya sengaja menyerang Apple. Seorang juru bicara LG Uplus mengatakan, "Poster kami menjabarkan fakta-fakta mengenai iPhone 5, bukan fitnah. Memang faktanya iPhone5 tak punya NFC atau DMB. Layarnya juga kecil dibandingkan pesaingnya. Kami sama sekali tidak menyasar Apple sebagai perusahaan dan pesan-pesan dalam poster itu tidak mewakili sikap perusahaan yang sesungguhnya."

Seperti Samsung, dalam industri mobile, LG bukan hanya bersaing dengan Apple, melainkan juga merupakan rekanan bisnis perusahaan tersebut yang menyalurkan komponen-komponen seperti panel layar yang dipakai di iPhone 5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.