Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Sindir Apple Lewat Iklan

Kompas.com - 21/12/2012, 08:14 WIB

oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com Samsung tampaknya bukan satu-satunya produsen yang gemar menyindir saingan beratnya, Apple, lewat iklan. Belakangan, perusahaan LG yang sama-sama berasal dari Korea Selatan pun ditemukan melakukan hal serupa.

Mengutip Korea Times, Unwired View melaporkan bahwa Senin (17/12/2012) lalu LG menempatkan sebuah iklan bergambar di "semua media utama" di Korea Selatan. Dalam iklan itu, diperlihatkan ponsel Android andalan LG, Optimus G, terbang menembus buah apel yang ada bekas gigitannya.

Melengkapi gambar tersebut, terdapat teks berbunyi "keputusan dalam sekejap akan menentukan dua tahun berikutnya". Kesan yang ditimbulkan adalah calon pembeli harus mempertimbangkan Optimus G buatan LG sebelum terikat kontrak membeli iPhone. Iklan itu tidak menjelaskan apa persisnya yang menjadi kelebihan Optimus G dibanding produk Apple.

Selain itu, LG Uplus (operator seluler terbesar ketiga di Korea Selatan yang juga anak perusahaan grup LG) memasang poster di toko-toko yang isinya turut menyinggung produk Apple.

Kalimatnya bernada ofensif, seperti "iPhone 5? Sangat mengecewakan". Layar 4 inci milik iPhone 5 pun dikatakan "terlalu kecil". Poster tersebut juga menyoroti absennya fitur NFC dan DMB-TV (siaran TV untuk perangkat bergerak yang hanya bisa dipakai di Korea).

LG sendiri dilaporkan membantah bahwa pihaknya sengaja menyerang Apple. Seorang juru bicara LG Uplus mengatakan, "Poster kami menjabarkan fakta-fakta mengenai iPhone 5, bukan fitnah. Memang faktanya iPhone5 tak punya NFC atau DMB. Layarnya juga kecil dibandingkan pesaingnya. Kami sama sekali tidak menyasar Apple sebagai perusahaan dan pesan-pesan dalam poster itu tidak mewakili sikap perusahaan yang sesungguhnya."

Seperti Samsung, dalam industri mobile, LG bukan hanya bersaing dengan Apple, melainkan juga merupakan rekanan bisnis perusahaan tersebut yang menyalurkan komponen-komponen seperti panel layar yang dipakai di iPhone 5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com