Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video "Gangnam Style" Hampir 1 Miliar Peminat

Kompas.com - 21/12/2012, 20:50 WIB
Pieter P Gero

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Video "Gangnam Style" dari rapper Korea Selatan, PSY, yang dimuat di media sosial YouTube praktis telah dibuka hampir satu miliar orang. Kantor berita AP, Jumat (21/12/2012), melaporkan, sampai pukul 13.00 GMT atau pukul 20.00 WIB, tercatat 998,1 juta orang sudah membuka video "Gangnam Style", gaya dansa seperti orang sedang menunggang kuda itu.

Jumlah hampir satu miliar orang yang membuka video ini di YouTube adalah sebuah fenomena karena gambar "Gangnam Style" baru dimuat di YouTube pada bulan Juli 2012. Jumlah tersebut diyakini segera terlampaui.

Para penikmat "Gangnam Style" praktis mengalahkan semua rekor sebelumnya. Video ini juga menarik minat banyak orang, mulai dari penyanyi pop Madonna sampai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki Moon.

"Gangnam Style" ini juga banyak diadopsi pada berbagai peristiwa besar dunia, seperti pada saat kampanye dan pemilihan presiden Amerika Serikat pada awal November, dan bagian dari ilustrasi berkaitan dengan kalender suku Maya yang menyatakan akan terjadi kiamat pada 21 Desember 2012.

Sebelum ini, para peminat video di YouTube dipegang oleh Justin Bieber dengan judul video "Baby". Panyanyi asal Kanada ini sampai Jumat (21/12/2012) sudah dilihat lebih dari 812 juta orang.

Popularitas "Gangnam Style" sejauh ini sudah mendatangkan iklan senilai 8,1 juta dollar AS bagi YouTube dan berbagai tampilan iklan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com