Kompas.com - 23/12/2012, 09:33 WIB
EditorReza Wahyudi

Aditya Panji/KompasTekno Indra Lesmana

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi jazz Indra Lesmana telah merilis album dalam bentuk aplikasi musik di perangkat mobile Apple iOS sejak November 2012. Menurutnya, aplikasi ini mendukung independensi musik dan menyambut masa depan industri musik.

Aplikasi musik untuk iPhone, iPad, dan iPod itu diberi nama Indra Lesmana. Tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar dengan harga Rp 39.000.

Indra mengatakan, musisi tak perlu bergantung pada label musik. Ada banyak cara yang bisa ditempuh di era perangkat mobile yang selalu terkoneksi dengan internet. Salah satunya lewat aplikasi dan distribusi lagu lewat media online.

Indra sendiri mendistribusikan lagunya di toko multimedia online Apple iTunes, yang telah dibuka untuk Indonesia. "Labelnya saya sendiri, dan saya berhubungan langsung dengan Apple."

Aplikasinya merupakan langkah Indra untuk membangun basis penggemar dan mengajaknya berinteraksi. Aplikasi Indra Lesmana bukan sekadar untuk mendengar musik, melainkan juga menyediakan video dan game.

"Yang terpenting adalah interaksinya, ini pengalaman yang tak akan didapat kalau penggemar cuma beli lagu atau CD," kata Indra saat ditemui KompasTekno beberapa waktu lalu.

Aplikasi Indra Lesmana berisi empat menu, yaitu Music, Inspire the Moment, Sheet Music, dan Video. Penggemar juga bisa melihat lirik lagu dan galeri foto Indra Lesmana.

Ada lagu berjudul "Reborn" (8bit Chronicle) dalam aplikasi. Jika penggemar mau mendengarnya, terlebih dulu harus memainkan game "Play Along" dan meraih skor di atas 60% persen. Ada pula menu "Sing Along" yang mengajak pengguna ikut bernyanyi. Nah, di sinilah keunikan aplikasi Indra Lesmana yang sangat interaktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.