Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poke, Aplikasi untuk Obrolan "Rahasia" dari Facebook

Kompas.com - 23/12/2012, 13:03 WIB

newsroom.fb.com

KOMPAS.com - Ingin membicarakan sesuatu yang bersifat rahasia lewat aplikasi chatting tapi tak mau percakapan tersebut direkam atau dilhat oleh orang selain lawan bicara?

Inilah keperluan yang dibidik Facebook lewat aplikasi barunya, Poke yang diperkenalkan Jumat (21/12/2012). Aplikasi ini sudah bisa diunduh oleh pengguna iPhone.

"Dengan Poke, pengguna bisa mem-poke ('mencolek', seperti fitur serupa yang tersedia di situs Facebook), mengirim pesan, foto, atau video ke seorang atau beberapa teman Facebook, sekaligus," tulis situs jejaring sosial itu dalam sebuah pengumuman.

Facebook menyebut Poke sebagai aplikasi chat "ringan". Sejatinya, cara kerja software ini mirip dengan Snapchat di mana pengguna mengirim pesan yang akan segera terhapus sendiri dalam jangka waktu yang ditentukan,  yaitu 1, 3, 5, atau 10 detik.

Jadilah obrolan pengguna relatif aman karena kecil kemungkinannya hal-hal rahasia yang dibicarakan bisa terlihat oleh orang lain. Akan tetapi, yang perlu diingat adalah lawan bicara masih bisa melakukan screenshot sebelum pesan atau foto yang dikirm terhapus.

Untuk mencegah pengguna memanfaatkan Poke untuk hal-hal yang kurang pantas seperti pengiriman konten berbau porno yang melanggar ketentuan pemakaian Facebook, ada fitur pengaduan bentuk icon gear yang bisa diklik untuk memberi laporan ke Facebook.

Apakah pengguna Facebook akan banyak memakai Poke? Sebagai gambaran, aplikasi Snapchat yang menyediakan layanan serupa mengklaim bisa mengirim 20 juta kalimat obrolan tiap hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com