Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry 10 Sedang "Digodok" di Kominfo

Kompas.com - 23/12/2012, 14:18 WIB

BGR BB 10 Dev Alpha

KOMPAS.com — Tak lama lagi, Research In Motion (RIM) akan meluncurkan perangkat berbasis BlackBerry 10. Perangkat tersebut akan secara resmi diluncurkan pada 30 Januari 2013 mendatang.

Para distributor perangkat BlackBerry di Indonesia tentunya tidak mau kehilangan momen ini. Diyakini, para distributor tersebut ingin menghadirkan perangkat BlackBerry 10 bersamaan dengan peluncuran global.

Para distributor di Indonesia pun sudah terlihat melakukan berbagai persiapan untuk menghadirkan perangkat BlackBerry 10. Salah satunya dengan mendaftarkan perangkat BlackBerry 10 untuk mendapat sertifikat dari Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SPPI) Kementerian Kominfo.

Sebagai catatan, semua perangkat yang memiliki sinyal radio di dalamnya harus terlebih dahulu meminta sertifikat dari Dirjen SPPI. Sertifikat tersebut tidak mudah didapatkan karena perangkat harus lulus beberapa parameter pengujian terlebih dahulu. 

Ditjen Postel

Menurut pengamatan KompasTekno dari situs resmi Ditjen SPPI, beberapa distributor, seperti Trikomsel dan Erajaya, sudah mengajukan ponsel BlackBerry 10 untuk menjalani proses sertifikasi tersebut.

Ditjen SPPI memang selalu memberikan daftar produk apa saja yang sedang mereka uji dalam situs resmi mereka. Dalam daftar tersebut, Ditjen juga memberikan status sampai di mana proses sertifikasi sudah berjalan.

Sebagian besar dari distributor tersebut baru masuk ke status "SP2 Sertifikat" alias menunggu sertifikat untuk dicetak. Baru ada satu distributor yang mencapai status "Sertifikat Dicetak".

Nomor seri perangkat BlackBerry 10 yang didaftarkan oleh distributor tersebut semuanya sama, yaitu BlackBerry 10-STL100-1-RFG81UW. Hal tersebut menandakan baru ada satu jenis perangkat BlackBerry 10 yang hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Belum diketahui nama seri sebenarnya dari perangkat tersebut.

Semua perangkat BlackBerry 10 ini kebanyakan merupakan pabrikan Meksiko dan Kanada.

Apakah perangkat BlackBerry 10 di Indonesia akan hadir bersamaan dengan peluncuran global? Kita tunggu saja!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com