Google dan Motorola Siapkan Pesaing iPhone 5

Kompas.com - 23/12/2012, 16:19 WIB
EditorReza Wahyudi

Boy Genius ReportMotorola

KOMPAS.com — Salah satu tujuan yang ingin diraih oleh Google ketika mengakuisisi Motorola adalah hak paten. Motorola memang dikenal sebagai perusahaan yang memiliki 17.000 hak paten dan 7.500 paten aplikasi.

Dengan memiliki Motorola beserta hak patennya, Google diyakini dapat bersaing dengan rival seperti Apple dan melindungi para partnernya dari tuntutan hukum.

Selain itu, akuisisi ini, yang terbesar dalam sejarah Google, juga akan menandai langkah paling signifikan dari raksasa internet itu untuk terjun ke bisnis perangkat keras, sebuah pasar tempat mereka baru memiliki sedikit pengalaman.

Hingga saat ini, sejak dibeli dengan nilai sebesar 12,5 miliar dollar AS pada bulan Mei lalu, Motorola memang belum meluncurkan produk smartphone yang benar-benar wah. Belum terlihat tanda-tanda Motorola akan meluncurkan perangkat yang mampu menyaingi iPhone milik Apple dan Galaxy S Series milik Samsung.

Namun, di tahun 2013, sebuah sumber tepercaya menjamin Motorola akan kembali berbicara di kancah persaingan ponsel pintar.

Saat ini, menurut sumber tersebut, Google dan Motorola sedang mengerjakan dua produk smartphone. Produk pertama lebih ditujukan untuk di-bundling dengan operator AS, Verizon Wireless.

Produk kedualah yang akan digunakan sebagai senjata untuk bersaing melawan Apple dan Samsung di pasaran smartphone. Untuk sementara, masih belum diketahui nama dari perangkat tersebut. Namun, sebagai awalnya, banyak pihak yang menyebut perangkat ini dengan nama kode "X Phone".

Masih belum ada terlalu banyak detail informasi menyangkut X Phone ini. Namun, sumber tersebut membocorkan Motorola akan menggunakan teknologi Viewdle, sebuah pengembang perangkat lunak imaging dan pengenalan gerakan yang baru saja diakuisisi oleh Google.

Smartphone super dari Motorola tersebut dikabarkan bakal menggunakan bahan keramik, mempunyai kamera panoramik, dan fitur pengenalan suara secara native.

Setelah selesai mengembangkan X Phone nantinya, Motorola tidak akan masuk masa rehat. Mereka akan langsung fokus untuk mengembangkan perangkat tablet.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (22/12/2012), CEO Google, Larry Page, sudah berjanji untuk memberikan dana pemasaran dalam jumlah yang signifikan untuk perangkat tersebut.

Belum ada komentar dari pihak Google mengenai berita X Phone ini. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X