Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan BlackBerry 10 Hadir di Pasaran?

Kompas.com - 24/12/2012, 08:51 WIB

Geoff Robins Reuters Thorsten Heins, CEO Research In Motion (RIM).

KOMPAS.com — Pada 30 Januari 2013, Research In Motion (RIM) akan meluncurkan perangkat komersial pertama yang berbasiskan BlackBerry 10 (BB 10).

Tidak tanggung-tanggung, kabarnya RIM akan langsung meluncurkan dua seri perangkat BB 10 pada peluncuran tersebut, satu produk dilengkapi dengan layar full-touch dan satu produk lainnya dilengkapi dengan keyboard QWERTY.

Walaupun sudah diketahui tanggal pasti peluncurannya, tanggal kehadiran perangkat tersebut di pasaran masih menjadi misteri. Thorsten Heins, CEO RIM, lewat wawancaranya dengan CNBC, memberikan sedikit bocoran mengenai kapan perangkat tersebut akan tersedia.

Heins menjamin perangkat BB 10 pertama, BlackBerry Z10, akan langsung diluncurkan pada kuartal 4 tahun fiskal 2013.

Sebagai catatan, tahun fiskal RIM memang sedikit berbeda dari perusahaan-perusahaan lain. Kuartal III tahun fiskal RIM telah berakhir pada 1 Desember 2012 yang lalu, sedangkan kuartal IV akan berakhir pada 2 Maret 2013.

Dari informasi tersebut, kemungkinan besar BlackBerry Z10 akan hadir di pasaran di antara tanggal 31 Januari dan 2 Maret 2013.

Bagaimana dengan perangkat BB 10 yang dilengkapi dengan keyboard (N Series)? Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Heins mengungkapkan mereka akan meluncurkan N Series secepat yang mereka bisa. Kemungkinan besar, beberapa minggu setelah Z10 diluncurkan, para konsumen sudah bisa membeli N Series.

BlackBerry 10 sendiri merupakan senjata terakhir RIM untuk bertahan di persaingan perangkat mobile yang semakin ketat ini. RIM sendiri sangat yakin dengan platform terbarunya ini.

"Kami sangat-sangat percaya diri dengan BB 10 karena kami sudah mengujinya sebelum melemparnya ke pasaran. Kami sudah memberikannya kepada reviewer dan operator. Hasilnya? Kami mendapatkan respons positif," kata Heins. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com