Kompas.com - 25/12/2012, 21:12 WIB
EditorReza Wahyudi

petapixel.com


KOMPAS.com - Dalam dunia fotografi dan sinematografi, siapa tidak kenal Canon EOS 5D Mark II? Kamera dengan sensor full-frame ini mempelopori produksi film dengan DSLR karena mampu merekam video full-HD (1920x1080) dan menawarkan kontrol exposure dan audio manual.

Namun, tak lama lagi mungkin EOS 5D Mark II akan sulit ditemukan dalam kondisi baru. Pasalnya, Canon selaku produsen kamera ini dikabarkan telah menghentikan produksinya.

Dalam situs web Canon Jepang, nama EOS 5D Mark II tampak berada di antara kamera-kamera lain yang sudah discontinued, seperti EOS 50D dan EOS D60.

petapixel.com

Ketika diluncurkan bulan September 2008 lalu sebagi penerus EOS 5D, Canon EOS 5D Mark II segera menjadi populer baik di kalangan fotografer maupun videografer karena mampu merekam video full-HD di samping foto ber-resolusi 21 megapixel.

Canon EOS 5D Mark II pun dipakai di sejumlah produksi acara TV, serial, hingga film Hollywood termasuk The Avengers, Saturday Night Live, dan House.

petapixel.com D90 dari Nikon (kanan) adalah kamera DSLR pertama yang mampu merekam video, tetapi EOS 5D Mark II yang muncul satu bulan setelahnya menawarkan kemampuan lebih baik lewat perekaman video full-HD (1920x1080)

Di pasaran Indonesia sendiri, beberapa toko masih memajang Canon EOS 5D Mark II dengan banderol harga sekitar Rp 17 juta untuk versi body only dan Rp 25 juta untuk versi kit dengan lensa EF 24-105L F4 IS USM. Belum diketahui kapan kamera ini akan mulai "menghilang".

Sebagai gantinya, Canon sudah merilis penerus berupa kamera EOS 5D Mark III dan EOS 6D. Akan tetapi hingga kini harga kedua kamera tersebut masih lebih mahal dibandingkan EOS 5D Mark II. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.