Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adopsi iOS 6 Naik Bukan Karena Google Maps

Kompas.com - 26/12/2012, 14:57 WIB


KOMPAS.com -
Berbeda dengan laporan terdahulu yang dilansir oleh MoPub, angka adopsi sistem operasi mobile terbaru Apple iOS 6 yang naik 29 persen semenjak diperkenalkannya Google Maps mungkin tidak berhubungan dengan aplikasi peta populer itu.

Berdasarkan riset firma penelitan pasar Chitika dari 11 Desember hingga 17 Desember, angka adopsi iOS 6 selama periode itu tidak mengalami perubahan alias tak terpengaruh oleh kehadiran Google Maps pada 13 Desember.

Jika bukan Google Maps, lalu apa yang berada di balik melonjaknya angka adopsi iOS 6? Menurut Chitika, kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh tingginya angka penjualan iPhone 5 di China sejak tanggal peluncurannya pada 13 Desember.

Chitika/ Ubergizmo.com


Ketika itu, 2 juta unit iPhone 5 yang datang dengan sistem operasi iOS 6 secara default ludes terjual hanya dalam waktu 3 hari. Terlebih lagi, dalam waktu berdekatan Apple juga merilis iPhone 5 di 33 negara lain.

Kebetulan, dalam kurun waktu itu pula Google merilis Google Maps untuk iOS 6, setelah sebelumnya sempat digantikan oleh aplikasi Maps buatan Apple sendiri yang ternyata mengecewakan.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa Chitika hanya mencatat data dari wilayah Kanada dan Amerika Serikat Saja, sementara MoPub mengambil statistik iOS 6 secara global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com