Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Konektor 'SIM Card' Gampang Cabut

Kompas.com - 27/12/2012, 11:07 WIB

engadget.com


KOMPAS.com - Pernah salah memasukkan SIM card dan kesulitan mengeluarkannya kembali? Dengan konektor jenis baru dari Apple ini, hal tersebut tak akan terjadi lagi.

Sayangnya, mungkin hanya perangkat Apple yang bisa menggunakan jenis konektor itu. Ini karena perusahaan yang bersangkutan telah memperoleh paten nomer 8.337.223 atas konektor tersebut dari Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat (USPTO), Selasa (25/12/2012) lalu.

Konektor tersebut, menurut deskripsi pada paten, "Memungkinkan SIM card dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah menggunakan tuas mekanik, serta mampu mencegah kerusakan akibat salah memasukkan kartu."

Jenis konektor yang dapat dipasang di perangkat iPhone, iPad, MacBook Pro, atau bahkan televisi ini mampu mengakomodir SIM card dari berbagai ukuran, termasuk SIM card "biasa", Mini-SIM, atau Micro-SIM.

Konektor tersebut awalnya diajukan Apple ke USPTO pada kuartal ketiga tahun 2010. Tiga nama inventor yang tercantum di dalamnya adalah Zheng Gao, Benjamin Rappoport, dan Seteve McClure.

Dikutip dari Engadget, paten Apple atas teknologi konektor SIM card ini berpotensi menghambat produsen lain mengadopsi teknologi serupa karena bisa bermasalah dengan Apple.

Sebelumnya, pada pertengahan 2012, Apple berhasil membuat rancangan nano-SIM card miliknya diterima sebagai standar, mengalahkan hasil desain dari Nokia, Motorola Mobility, dan RIM.

Berita-berita seputar hak paten teknologi dapat diikuti di liputan khusus "Kisruh Paten Teknologi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com