Penerus Windows 8 Dirilis Pertengahan 2013?

Kompas.com - 28/12/2012, 15:23 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Windows 8 baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu pada akhir Oktober, tapi kabar soal generasi berikutnya dari sistem operasi besutan Microsoft itu sudah mulai beredar.

Menurut seorang anggota forum PCBeta yang dikutip oleh Phone Arena, penerus Windows 8 yang dikenal dengan sebutan "Windows Blue" juga memiliki alias lain, yaitu "Windows 9 Dev".

Windows Blue yang disebut akan menjadi Windows versi murah bakal memiliki tampilan antarmuka yang baru, termasuk perubahan platform dan harga. Microsoft sepertinya ingin agar semua orang dapat memakai Windows Blue dengan membanderol harga yang relatif murah atau bahkan gratis guna meningkatkan jumlah pengguna.

Seperti Windows Phone 8, sistem operasi ini dikatakan bakal memiliki tampilan Live Tiles, aplikasi yang ukurannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna.

Microsoft juga disebut akan tetap mempertahankan lingkungan desktop seperti versi-versi Windows terdahulu, tapi akan ada perubahan tampilan interface agar terlihat lebih "flat" dan selaras dengan konsep visual yang diusung oleh user interface ala Metro.

Di dalamnya, Microsoft bisa jadi akan memakai kernel Windows baru, versi 6.3, yang akan membuat segalanya berjalan lebih mulus. Peningkatan lainnya termasuk dukungan untuk tablet berukuran 7 dan 8 inci, yang hingga saat ini masih belum ada di ekosistem Windows.

Menariknya, karena ingin versi Windows ini dipakai oleh sebanyak mungkin pengguna, Microsoft juga dikabarkan bakal menyalurkan update "Windows Blue" secara gratis sekitar pertengahan 2013 nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.