10 Artikel Paling Banyak Dibaca di Wikipedia Indonesia

Kompas.com - 28/12/2012, 18:35 WIB
EditorReza Wahyudi

Wikipedia Situs web ensiklopedia bebas Wikipedia

KOMPAS.com — Pihak Wikipedia memang tidak pernah secara resmi melansir data artikel yang paling sering dilihat. Namun, Wikipedia memberikan izin untuk mengakses data log files situs ensiklopedia tersebut.

Melalui log files ini, para peneliti dapat melihat berbagai data mengenai aktivitas pengguna Wikipedia, seperti seberapa banyak sebuah artikel diakses oleh pengguna.

Nah, berdasarkan log files tersebut, seorang pemrogram asal Swedia, Johan Gunnarsson, telah berbaik hati membuatkan daftar 100 artikel yang paling laris dibaca di tahun 2012 ini.

Gunnarsson membagi daftar tersebut berdasarkan dukungan bahasa yang tersedia di Wikipedia, seperti Inggris, Rusia, Vietnam, Turki, Italia, hingga Indonesia.

Artikel apa yang paling banyak dilihat di Wikipedia di Indonesia? Jejaring sosial Facebook ada di posisi pertama dengan jumlah pengakses sebanyak 1,3 juta, diikuti dengan "Indonesia" dengan jumlah 1,07 juta, dan YouTube dengan angka 1 juta.

Dikutip dari AllThingsD, Sabtu (29/12/2012), ada dua kemungkinan mengapa Facebook banyak diakses. Pertama, banyak orang yang "tersesat" ke Wikipedia. Pengguna tersebut diyakini mengetik kata "Facebook" di mesin pencari, kemudian artikel Facebook yang ada di hasil pencarian tersebut diduga sebagai situs asli.

Kemungkinan kedua, memang banyak orang yang tertarik dengan sejarah Facebook, seperti peraturan perusahaan tersebut, siapa pendirinya, dan sebagainya.

Kemungkinan besar, hal ini juga yang membuat YouTube ada di peringkat ketiga daftar tersebut.

Berikut daftar 10 artikel (beserta tautan artikelnya) yang paling banyak dilihat di Wikipedia pada tahun 2012 ini.

1. Facebook (Jumlah pembaca: 1.385.687)

2. Indonesia (Jumlah pembaca: 1.075.781)

Halaman:
Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X