Kompas.com - 02/01/2013, 16:06 WIB
EditorReza Wahyudi

oik yusuf/ kompas.com Penampakan "UFO" di Palmerah hasil manipulasi dengan aplikasi Camera 360

KOMPAS.com — Baru dua hari memasuki tahun baru 2013, jagat maya sudah dibuat heboh dengan kemunculan dua Unidentified Flying Object (UFO) di dua wilayah berbeda di Pulau Jawa, yaitu Cilegon dan seputaran Gunung Merapi.

Namun, jangan keburu mengaitkan kemunculan piring terbang tersebut dengan ramalan kiamat yang batal dulu.

Kompas Tekno mencoba mencari asal-usul benda aneh di dua foto UFO yang bersangkutan. Sejauh ini, hasilnya kurang menggembirakan buat para pencinta fiksi ilmiah karena piring terbang dalam gambar-gambar itu kemungkinan besar palsu alias merupakan hasil manipulasi digital.

Cara membuatnya ternyata sangat mudah. Cukup dengan bermodal perangkat Android (smartphone/ tablet) yang memiliki kamera dan mengunduh aplikasi Camera 360, Anda pun sudah bisa menampilkan penampakan pesawat makhluk asing di angkasa bumi.

Aplikasi ini menyediakan sejumlah efek yang bisa ditambahkan ke foto-foto yang Anda buat. Nah, salah satu pilihan efek terbaru mencakup penampakan UFO yang terbang melayang-layang di atas awan.

Hasilnya pun lumayan "meyakinkan", apalagi ketika dilihat dalam resolusi rendah di web.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membandingkan foto-foto piring terbang di Cilegon dan Merapi itu, Kompas Tekno menyandingkannya dengan hasil jepretan sendiri yang diperkaya efek digitial dari aplikasi Camera 360.

Jadi, apakah gambar-gambar tersebut palsu ataukah kedua UFO yang sama juga muncul di sekitar Palmerah, Jakarta?

oik yusuf/ kompas.com Perbandingan obyek UFO dalam foto di Merapi (atas) dan hasil oleh digital lewat aplikasi Camera 360 (bawah)
oik yusuf/ kompas.com Perbandingan obyek UFO di foto Cilegon (atas) dan hasil olah digital lewat aplikasi Camera 360 (bawah)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.