Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Fisik BlackBerry 10 Mirip HTC Cha Cha?

Kompas.com - 03/01/2013, 09:05 WIB

Ponsel yang diduga BlackBerry 10 model keypad fisik mirip dengan HTC Cha Cha

KOMPAS.com - Sebuah foto yang diperkirakan sebagai ponsel BlackBerry 10 model papan ketik (keypad), telah beredar di dunia maya. Secara fisik, ponsel BlackBerry itu mirip dengan HTC Cha Cha yang bersistem operasi Android.

Ponsel yang belum diketahui nama dan seri resminya itu memasang logo BlackBerry di bawah layar. Keypad fisiknya berformat QWERTY. Susunan huruf dan tanda bacanya sama persis seperti ponsel BlackBerry pada umumnya.

Tombol-tombol keypad itu berukuran besar dan berjarak renggang. Namun, BlackBerry ini tidak mengusung trackpad. Sebagai gantinya, ia dibekali layar sentuh untuk bernavigasi.

BlackBerry 10 bisa disebut sebagai senjata pamungkas Research In Motion (RIM) untuk mengembalikan kejayaannya di industri ponsel pintar global. Mulanya RIM menjanjikan BlackBerry 10 akan dirilis pada akhir 2012, tetapi RIM menundanya hingga 30 Januari 2013.

Tak lama setelah itu, ponsel BlackBerry 10 akan mulai dipasarkan. RIM akan menyediakan dua model ponsel BlackBerry 10, yaitu model layar sentuh penuh dan papan ketik fisik.

BlackBerry 10 dibangun menggunakan inti program (kernel) QNX, yang juga digunakan dalam industri otomotif, pembangkit nuklir dan pesawat militer. Perusahaan asal Kanada ini telah mengakuisisi QNX Software Systems yang dibeli dari Harman International Industries Inc sebesar 200 juta dollar AS pada 2010 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com