Kompas.com - 03/01/2013, 14:03 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

CNET Logo WhatsApp

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp mencatat rekor baru trafik pengiriman dan penerimaan pesan. Hari terakhir tahun 2012, tepatnya 31 Desember 2012, trafik di WhatsApp mencapai 18 miliar pesan.

Dalam sebuah pengumuman di jejaring sosial Twitter, tim pengembang aplikasi WhatsApp merinci bahwa ada 7 miliar pesan yang masuk dan 11 miliar pesan yang keluar.

Jumlah itu mengalahkan rekor pada Agustus 2012 lalu, di mana trafik WhatsApp berjumlah 10 miliar pesan dalam sehari.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan lintas platform terpopuler yang tersedia untuk iPhone, Android, BlackBerry, Windows Phone, hingga ponsel fitur. Memiliki 100 juta pengguna aktif harian, WhatsApp juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima file audio, foto, dan video berdurasi singkat.

Didirikan pada 2009, WhatsApp Inc dibangun oleh Brian Acton and Jan Koum, dua pemuda mantan karyawan Yahoo! yang saat ini tinggal di Santa Clara, California.

Pada Desember 2012 lalu, ada rumor yang mengatakan Facebook akan membeli WhatsApp. Namun dengan cepat, kabar itu dibantah oleh tim pengembang WhatsApp.

Beberapa bulan lalu WhatsApp telah melakukan langkah promosi untuk meningkatkan jumlah pengguna. Mereka menandatangani kesepakatan dengan beberapa operator seluler di dunia, termasuk Indosat di Indonesia dan Three di Hong Kong, untuk menawarkan penggunaan internet unlimited aplikasi WhatApp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.