Kacamata Pintar Google Masih "Setengah Matang"

Kompas.com - 03/01/2013, 14:56 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAs.com — Google mengakui proyek kacamata pintar yang sedang mereka kembangkan belum rampung alias masih "setengah matang". Bahkan, Google sedang mencari jalan keluar untuk menyelesaikan cara navigasi dan fitur apa saja yang akan diberikan.

Rencana awal Google, kacamata pintar ini sudah siap dijual mulai tahun ini. Alih-alih mulai dipasarkan, produk ini malah belum selesai dikerjakan sehingga hampir dipastikan jadwal penjualannya akan molor.

"Penataan fitur pada perangkat ini belum diatur. Hal ini masih terus dikembangkan," kata pemimpin proyek Google Glass, Babak Parviz, kepada situs web teknologi IEEE Spectrum.

Menurut Parviz, cara kerja dan fitur pada kacamata sangat berbeda dengan ponsel pintar yang bisa dinavigasi dengan sentuhan jari. Nah, saat ini Google sedang putar otak untuk mencari jalan keluar dalam hal navigasi.

Ada beberapa kemungkinan metode navigasi, yaitu dengan suara, track pad, atau gerakan kepala.

Parviz berharap tim pengembang Google dapat membekali fitur semenarik mungkin. Pengguna dapat memandang perspektif yang luas, pandangannya ditambah dengan obyek virtual atau augmented reality, dan kacamata bisa digunakan untuk mengabadikan gambar.

Google juga ingin meminimalkan risiko agar kacamata pintar tidak merusak mata.

Kacamata pintar yang disebut Google Glass ini pertama kali diperkenalkan pada Juni 2012 dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O di San Fransisco, AS. Beragam aksi pamer telah dilakukan Google untuk membuktikan bahwa kacamata pintar adalah nyata, bukan sekadar konsep.

Salah seorang pendiri Google Sergey Brin memberi kesempatan beberapa jurnalis dan blogger untuk menjajal kacamata pintar. Para petinggi Google pun telah memublikasi puluhan foto dan sebuah video berdurasi 15 detik yang diabadikan oleh Google Glass.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.