Kompas.com - 03/01/2013, 16:17 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sistem operasi mobile berbasis Linux Ubuntu akhirnya resmi diperkenalkan oleh Canonical, pada Kamis (3/1/2013). Ini artinya, tak lama lagi bakal tersedia di pasaran smartphone dan perangkat tablet yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu.

Seperti dilansir situs resmi Ubuntu, perangkat berbasis Ubuntu untuk mobile baru akan hadir pada akhir tahun 2013 mendatang. Selain itu, belum diketahui vendor mana yang akan memproduksi perangkat komersil pertama dengan sistem operasi ini.

Hadir sebagai pesaing Android dan iOS, perangkat berbasis Ubuntu untuk perangkat mobile ini disebutkan akan hadir dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Ubuntu versi ini telah didesain agar tetap mampu bekerja di perangkat entry-level sekalipun.

Perangkat entry-level yang dimaksud di sini memiliki spesifikasi minimum prosesor Cortex A9 1GHz dan RAM 512MB. Selain mampu bekerja di perangkat entry-level, tentunya sistem operasi ini bisa bekerja dengan baik di perangkat high-end, dengan spesifikasi minimum prosesor Quad-core A9 dan RAM 1GB.

Sistem operasi ini sudah mendukung prosesor berbasis ARM dan x86. Dengan dukungan tersebut, perangkat ini bisa menggunakan prosesor PC, seperti Intel Atom.

Ubuntu untuk mobile ini hadir dengan kernel dan driver yang sama dengan sistem operasi buatan Google, Android. Hal ini bisa jadi sangat menguntungkan bagi pihak pengembang. Mereka tidak perlu lagi membangun atau menulis kode aplikasi dari awal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Linux Ubuntu untuk ponsel ini hadir dengan dukungan terhadap bahasa program HTML5. Dengan adanya dukungan ini, para pengembang dapat membuat aplikasi yang bekerja untuk perangkat PC dan smartphone.

Canonical adalah perusahaan pengembang sistem operasi open-platform Linux Ubuntu. Perusahaan ini juga yang bertugas untuk mengembangkan Ubuntu untuk mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.