Kompas.com - 04/01/2013, 08:42 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

TizenTalk.com Smartphone yang berjalan dengan Tizen, sebuah sistem operasi mobile baru berbasis kernel Linux, yang dikembangkan oleh Samsung, Intel dan Linux

KOMPAS.com - Setelah sukses dengan ponsel pintar bersistem operasi Android, Samsung akan merilis ponsel pintar dengan sistem operasi Tizen di 2013 ini. Produsen asal Korea Selatan itu akan merilis lebih dari satu ponsel Tizen.

Suratkabar Yomiuri Shimbun asal Jepang, baru-baru ini melaporkan bahwa Samsung akan meluncurkan ponsel pintar Tizen di konferensi teknologi Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol, akhir Februari 2013.

Sistem operasi Tizen versi 1.0 dengan kode nama Larkspur telah dirilis pada 30 April 2012. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh akan dirilis pada Januari 2013. Besar kemungkinan, Samsung akan memakai Tizen versi 2.0 dalam produknya.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation, yang diharap dapat menjadi alternatif dari sistem operasi yang sukses sebelumnya seperti Apple iOS, Google Android, RIM BlackBerry, dan Microsoft Windows Phone.

Pada Juni 2012, Samsung menyatakan bergabung dengan Linux Foundation dan langsung menjadi donatur tingkat Platinum. Tingkat ini merupakan level tertinggi dalam struktur keanggotaan yang mewajibkan donasi 500 ribu dollar AS per tahun.

Investasi Samsung ini membuatnya duduk di dewan yayasan dan memungkinkan pengawasan lebih besar dalam proyek Linux, termasuk sistem operasi mobile Tizen.

Akuisisi Google atas Motorola Mobility sempat meragukan beberapa produsen Android, bahwa Google akan menganakemaskan Motorola dalam industri ponsel pintar Android. Langkah Samsung mendukung proyek Tizen ini disebut-sebut sebagai upaya agar tak bergantung sepenuhnya pada Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.