Kompas.com - 07/01/2013, 15:33 WIB
EditorErvan Hardoko

SARAJEVO, KOMPAS.com — Cara Tuhan bekerja memang selalu tak terduga. Begitu pula saat Tuhan mempertemukan dua saudara perempuan asal Bosnia yang terpisah selama 72 tahun. Dengan menggunakan bantuan situs jejaring sosial Facebook, kedua perempuan itu bisa bertemu kembali.

Tanija Delic (88) dan Hedija Talic (82) terpisah sejak 1941. Demikian harian Nezavisne Novine melaporkan lewat situs resminya, akhir pekan lalu.

Hedija, saat itu berusia 11 tahun, terpisah dari keluarganya saat mereka mengungsi meninggalkan desa mereka di Bosnia di awal Perang Dunia II. Hedija akhirnya tinggal di sebuah panti asuhan, sementara kedua orangtuanya tewas akibat perang dan saudara laki-lakinya beremigrasi ke Amerika Serikat.

"Setelah perang, banyak orang bercerita macam-macam kepada saya," kata Hedija.

"Sebagian orang mengatakan keluarga saya tewas semua, sebagian lagi mengatakan mereka pindah ke AS. Saya sudah kehilangan harapan untuk bisa bertemu mereka lagi," tambah dia.

Hedija kemudian pindah bersama keluarganya ke sebuah desa di timur laut kota Tuzla. Tanpa sepengetahuannya, saudarinya, Tanija, tinggal di sebuah desa di wilayah barat laut Bosnia. Keduanya hanya terpisah sejauh 200 km.

Bertemunya kedua saudari ini diawali setelah putra Hedija merasa tertarik dengan silsilah keluarganya. Dia kemudian mengontak putri bibinya lewat Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah berkomunikasi lewat Facebook, akhirnya kedua saudari itu, Tanija dan Hedija, bisa bertemu kembali. Suasana emosional dan tangis bahagia mewarnai pertemuan dua saudari yang sudah sama-sama renta itu.

Keharuan semakin dalam ketika kedua perempuan tua itu mengatakan mereka hanya memiliki sedikit sekali kenangan masa kecil bersama-sama.

Setelah bertemu kembali, Tanija dan Hedija kini ingin melacak jejak kakak laki-laki mereka atau keluarganya yang diyakini tinggal di Amerika Serikat.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.