Tablet Android Vizio Pakai Prosesor Tercepat di Dunia

Kompas.com - 08/01/2013, 14:46 WIB
EditorReza Wahyudi

The Verge Tablet Android berukuran 10 inci dari Vizio memakai prosesor Nvidia Tegra 4

KOMPAS.com - Pameran produk elektronik terbesar di Amerika Serikat, Consumer Electronics Show (CES) 2013, dihebohkan dengan kedatangan tablet Android yang memakai prosesor Nvidia Tegra 4, Senin (7/1/2013).

Tablet itu diproduksi oleh Vizio asal California, AS, yang notabene adalah perusahaan baru dan belum memiliki nama besar dalam industri teknologi.

Tablet Vizio ini bisa disebut sebagai tablet pertama yang memakai prosesor Tegra 4. Karena, Nvidia sendiri baru memperkenalkan Tegra 4 sehari sebelumnya, pada Minggu (6/1/2013).

Prosesor ini merupakan yang pertama menerapkan 4 core dalam central processing unit (CPU) berbasis arsitektur ARM A15. Keempat core CPU dalam Tegra 4 dipadu dengan 72 core dalam graphics processing unit (GPU) yang diklaim memberi kinerja enam kali lebih cepat dibandingkan prosesor pendahulunya, yaitu Tegra 3. Bahkan, Tegra 4 diklaim oleh CEO Nvidia Jen-Hsun Huang sebagai prosesor mobile terkencang di dunia saat ini.

Kembali ke produk besutan Vizio. Dikutip dari blog teknologi The Verge, tablet ini dibekali bentang layar seluas 10,1 inci dengan resolusi tinggi, yaitu 2.560 x 1.600 pixel.

Dengan spesifikasi yang demikian tinggi, seharusnya tablet Vizio dapat berjalan mulus dan kuat memainkan game kelas berat. Ia juga menawarkan memori internal 32GB yang cukup besar untuk menyimpan data.

Semua perangkat keras itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean). Vizio tidak melakukan kostumisasi pada tampilan antarmuka sistem operasi, karena, Android Jelly Bean dianggap sudah baik untuk urusan tampilan.

Tersedia port MicroHDMI, MicroUSB, serta konektivitas nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth. Tak lupa, Vizio juga membenamkan kamera di depan dan belakang.

Vizio belum menginformasikan soal harga tablet ini, begitu juga dengan pasar negara yang akan disambangi.

Pada ajang CES 2013, perusahaan juga memperkenalkan tablet Windows 8 pertamanya yang memakai prosesor AMD dual-core seri Z-60 kecepatan 1GHz. Tablet 11,6 inci itu juga memiliki resolusi layar cukup tinggi, yaitu 1.920 x 1.080 pixel.

Vizio didirikan pada tahun 2002 oleh William Wang, yang kemudian dibantu oleh dua karyawan pertamanya yaitu Laynie Newsome dan Ken Lowe. Terkenal dengan produk TV LCD berharga terjangkau, Vizio juga memproduksi perangkat audio untuk rumah, pemutar multimedia, dan komputer pribadi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.