Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Android Vizio Pakai Prosesor Tercepat di Dunia

Kompas.com - 08/01/2013, 14:46 WIB

The Verge Tablet Android berukuran 10 inci dari Vizio memakai prosesor Nvidia Tegra 4

KOMPAS.com - Pameran produk elektronik terbesar di Amerika Serikat, Consumer Electronics Show (CES) 2013, dihebohkan dengan kedatangan tablet Android yang memakai prosesor Nvidia Tegra 4, Senin (7/1/2013).

Tablet itu diproduksi oleh Vizio asal California, AS, yang notabene adalah perusahaan baru dan belum memiliki nama besar dalam industri teknologi.

Tablet Vizio ini bisa disebut sebagai tablet pertama yang memakai prosesor Tegra 4. Karena, Nvidia sendiri baru memperkenalkan Tegra 4 sehari sebelumnya, pada Minggu (6/1/2013).

Prosesor ini merupakan yang pertama menerapkan 4 core dalam central processing unit (CPU) berbasis arsitektur ARM A15. Keempat core CPU dalam Tegra 4 dipadu dengan 72 core dalam graphics processing unit (GPU) yang diklaim memberi kinerja enam kali lebih cepat dibandingkan prosesor pendahulunya, yaitu Tegra 3. Bahkan, Tegra 4 diklaim oleh CEO Nvidia Jen-Hsun Huang sebagai prosesor mobile terkencang di dunia saat ini.

Kembali ke produk besutan Vizio. Dikutip dari blog teknologi The Verge, tablet ini dibekali bentang layar seluas 10,1 inci dengan resolusi tinggi, yaitu 2.560 x 1.600 pixel.

Dengan spesifikasi yang demikian tinggi, seharusnya tablet Vizio dapat berjalan mulus dan kuat memainkan game kelas berat. Ia juga menawarkan memori internal 32GB yang cukup besar untuk menyimpan data.

Semua perangkat keras itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean). Vizio tidak melakukan kostumisasi pada tampilan antarmuka sistem operasi, karena, Android Jelly Bean dianggap sudah baik untuk urusan tampilan.

Tersedia port MicroHDMI, MicroUSB, serta konektivitas nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth. Tak lupa, Vizio juga membenamkan kamera di depan dan belakang.

Vizio belum menginformasikan soal harga tablet ini, begitu juga dengan pasar negara yang akan disambangi.

Pada ajang CES 2013, perusahaan juga memperkenalkan tablet Windows 8 pertamanya yang memakai prosesor AMD dual-core seri Z-60 kecepatan 1GHz. Tablet 11,6 inci itu juga memiliki resolusi layar cukup tinggi, yaitu 1.920 x 1.080 pixel.

Vizio didirikan pada tahun 2002 oleh William Wang, yang kemudian dibantu oleh dua karyawan pertamanya yaitu Laynie Newsome dan Ken Lowe. Terkenal dengan produk TV LCD berharga terjangkau, Vizio juga memproduksi perangkat audio untuk rumah, pemutar multimedia, dan komputer pribadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com