Kompas.com - 08/01/2013, 16:13 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata sedang merayu Google dan Apple untuk menerapkan metode potong pulsa di Indonesia dalam pembelian aplikasi di perangkat berbasis Android dan iOS.

Vice President Digital Services Technology, Content & News Business XL Axiata, Joedi Wisoeda, mengatakan, sudah mengajukan permohonan itu kepada pihak Google dan Apple.

"Kita sudah kirim permohonan, mungkin mereka sedang mempertimbangkan," kata Joedi di sela peluncuran program XL Developer Network di Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Metode ini diklaim tidak mengurangi komposisi bagi hasil antara pengembang aplikasi dengan Google atau Apple. "Pengembang tetap mendapatkan haknya secara penuh," jelas Joedi.

Dengan cara ini, XL ingin mempermudah pembelian aplikasi berbayar di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store, bagi pengguna yang enggan atau tidak memiliki kartu kredit. Ini juga merupakan cara untuk meningkatkan rata-rata pendapat per pengguna (average revenue per user/ARPU) di XL.

Dengan metode ini, pihak Google dan Apple harus menyiapkan sistem tersendiri untuk pembelian aplikasi dengan cara potong pulsa. Karena, Apple dan Google telah lama menerapkan metode pembayaran dengan kartu kredit untuk pembelian aplikasi. Bahkan, Apple menyediakan kupon iTunes Gift Card untuk pembelian konten digital di toko aplikasi iTunes.

Joedi mengatakan, XL telah menyediakan metode potong pulsa untuk pembelian aplikasi di Nokia Store, BlackBerry App World, dan baru ini telah meluncurkan lagi untuk Windows Phone Marketplace.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.