Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Developer Network, Rumah untuk Gamedev Lokal

Kompas.com - 08/01/2013, 17:36 WIB

KotaGames.com Situs web game sosial KotaGames.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata membuka program XL Developer Network yang bertujuan mengajak pengembang aplikasi untuk membuat game berbasis web, Selasa (8/1/2013), yang bisa dimainkan dari ponsel maupun perangkat mobile lainnya.

Vice President Digital Services Technology, Content & News Business XL Axiata, Joedi Wisoeda, mengatakan, ini merupakan langkah XL untuk merangkul dan membentuk ekosistem pengembang aplikasi di Indonesia.

Nantinya, game yang dibuat pengembang akan dimasukkan dalam situs web game sosial KotaGames.com yang menargetkan pasar Asia Tenggara dan India. "Ponsel dasar dan pengguna yang menggunakan jaringan internet GPRS pun bisa memainkannya," kata Joedi.

KotaGames.com sendiri dibuat oleh perusahaan TheMobileGamer (TMG) asal Singapura. CEO TMG Alvin Yap mengatakan, saat ini KotaGames.com digunakan oleh 2 juta pemain. "1,2 juta di antaranya adalah pelanggan XL," ucap Alvin.

Antara TMG dan XL Axiata sudah menjalin kerjasama sejak 2012. Alvin berharap, adanya XL Developer Network ini dapat meningkatkan jumlah pengguna KotaGames.com menjadi 20 juta pengguna dalam waktu satu atau dua tahun ke depan.

XL Axiata telah menyiapkan Rp 200 juta untuk mempromosikan KotaGames.com dan game-game yang ada di dalamnya. Selain itu, XL juga akan menggelar pelatihan pembuatan aplikasi di kota besar seperti Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Modal yang tak sedikit

Pembuat game yang memasukkan game-nya di KotaGames.com bisa menghasilkan keuntungan finansial dengan metode pembelian dalam aplikasi (in-app purchase).

Namun, pengembang juga membutuhkan modal yang tak sedikit. Karena game ini berbasis web, maka dibutuhkan server serta dana untuk perawatan rutinnya. Jika game mereka banyak dimainkan, mau tak mau server harus di-upgrade agar dapat menampung kapasitas trafik.

Sistem bagi hasil antara pengembang dengan TMG pun beragam, mulai dari 50% - 50%, 60% - 40% hingga 70% - 30%, tergantung perjanjian kontrak kerjasama yang disepakati. TMG pun mempersilakan pengembang yang ingin menaruh server di data center milik TMG. Tentu saja, ada hitung-hitungan bisnis lagi dalam komposisi bagi hasil.

Game yang ada di KotaGames dibuat oleh perusahaan yang masih merintis (startup) maupun perusahaan besar yang sudah mapan. Alvin mengatakan, game terlaris di KotaGames.com saat ini adalah Monster Fantasia yang dibuat pengembang Nijibox asal Jepang.

Dalam XL Developer Network, pengembang juga diajak mengikuti kompetisi untuk pengembang profesional dan umum. Tersedia hadiah tablet Samsung Galaxy Note II dan Galaxy Tab 7.0, juga ponsel pintar Nokia Lumia 800 dan Lumia 900.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com