Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Windows Diretas, Microsoft Malah Puji Hacker

Kompas.com - 08/01/2013, 18:13 WIB

MicrosoftTablet Microsoft Surface dengan cover ber-keyboard.

KOMPAS.com - Sistem operasi Windows RT yang digunakan di tablet Surface telah berhasil di-jailbreak sehingga memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi desktop ARM tidak resmi (unsigned). Ini terungkap dari sebuah laporan yang muncul pada Minggu (6/1/2013).

Biarpun bersifat meretas, setelah menyelidiki metode akal-akalan ini, Microsoft mengeluarkan penryataan bahwa tindakan tersebut ternyata tidak menimbulkan bahaya ataupun celah keamanan yang perlu ditangani.

"Skenario (jailbreak) itu tidak mengancam keamanan pengguna Windows RT. Cara seperti yang dijelaskan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh para pengguna biasa karena memerlukan langkah-langkah rumit. Satus-satunya cara memasang aplikasi pun hanya melalui Windows Store di mana terdapat mekanisme-mekanisme pengamanan," tulis Microsoft dalam pernyataannya, seperti dikutip dari The Next Web.

Di akhir pernyataan, Microsoft menyanjun yang bertanggung jawab. "Kami memuji kecerdikan orang-orang yang menemukan metode ini dan upaya yang mereka lakukan untuk mendokumentasikannya. Kami tidak menjamin bahwa cara seperti ini akan bisa digunakan di masa depan."

Pujian tersebut ditujukan bagi clrokr, hacker yang mengembangkan metode untuk menjalankan aplikasi desktop di sistem operasi Microsoft berbasi ARM itu. clrokr menanggapi pujian itu lewat akun Twitternya seraya mengatakan bahwa reaksi Microsoft "sangat berkelas".

twitter.com


Tentu, ada alasan tersendiri mengapa Microsoft tak perlu menanggapi hal ini dengan gegap gempita. Parameter yang perlu diubah untuk menerapkan metode jailbreak tersebut tak bisa diubah secara permanen, melainkan harus diatur dari dalam memori sistem saat OS sedang berjalan sehingga sama sekali tidak praktis.

Walaupun begitu, di luar keterbatasannya, tetap saja metode hacking ini membuka kemungkinan untuk memakai berbagai aplikasi desktop berbasis ARM di Windows RT dan tablet Surface.

Saat ini mungkin hanya pengguna dengan pengetahuan teknis tinggi saja yang bisa menerapkan. Akan tetapi nanti, dengan asumsi Microsoft tidak mengeluarkan patch untuk menambal celah tersebut, banyak orang bisa melakukannya dengan mudah apabila ada software yang mampu melakukan langkah-langkah itu secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com