Kompas.com - 08/01/2013, 18:13 WIB
EditorReza Wahyudi

MicrosoftTablet Microsoft Surface dengan cover ber-keyboard.

KOMPAS.com - Sistem operasi Windows RT yang digunakan di tablet Surface telah berhasil di-jailbreak sehingga memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi desktop ARM tidak resmi (unsigned). Ini terungkap dari sebuah laporan yang muncul pada Minggu (6/1/2013).

Biarpun bersifat meretas, setelah menyelidiki metode akal-akalan ini, Microsoft mengeluarkan penryataan bahwa tindakan tersebut ternyata tidak menimbulkan bahaya ataupun celah keamanan yang perlu ditangani.

"Skenario (jailbreak) itu tidak mengancam keamanan pengguna Windows RT. Cara seperti yang dijelaskan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh para pengguna biasa karena memerlukan langkah-langkah rumit. Satus-satunya cara memasang aplikasi pun hanya melalui Windows Store di mana terdapat mekanisme-mekanisme pengamanan," tulis Microsoft dalam pernyataannya, seperti dikutip dari The Next Web.

Di akhir pernyataan, Microsoft menyanjun yang bertanggung jawab. "Kami memuji kecerdikan orang-orang yang menemukan metode ini dan upaya yang mereka lakukan untuk mendokumentasikannya. Kami tidak menjamin bahwa cara seperti ini akan bisa digunakan di masa depan."

Pujian tersebut ditujukan bagi clrokr, hacker yang mengembangkan metode untuk menjalankan aplikasi desktop di sistem operasi Microsoft berbasi ARM itu. clrokr menanggapi pujian itu lewat akun Twitternya seraya mengatakan bahwa reaksi Microsoft "sangat berkelas".

twitter.com


Tentu, ada alasan tersendiri mengapa Microsoft tak perlu menanggapi hal ini dengan gegap gempita. Parameter yang perlu diubah untuk menerapkan metode jailbreak tersebut tak bisa diubah secara permanen, melainkan harus diatur dari dalam memori sistem saat OS sedang berjalan sehingga sama sekali tidak praktis.

Walaupun begitu, di luar keterbatasannya, tetap saja metode hacking ini membuka kemungkinan untuk memakai berbagai aplikasi desktop berbasis ARM di Windows RT dan tablet Surface.

Saat ini mungkin hanya pengguna dengan pengetahuan teknis tinggi saja yang bisa menerapkan. Akan tetapi nanti, dengan asumsi Microsoft tidak mengeluarkan patch untuk menambal celah tersebut, banyak orang bisa melakukannya dengan mudah apabila ada software yang mampu melakukan langkah-langkah itu secara otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.