Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2013, 20:43 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

liliputing.com


KOMPAS.com - Dengan kecepatan maksimum 5 Gbps atau  sekitar 600 MB per detik, USB 3.0 adalah salah satu jenis interface tercepat untuk komputer mainstream. Tahun ini, port tersebut akan menerima update yang membuatnya mampu menghantarkan data hingga dua kali lebih cepat.

"USB 3.0 Promoter Group yang menentukan spesifikasi USB 3.0 sedang melakukan revisi yang akan meningkatkan kecepatannya menjadi 10 gigabit per detik," ujar presiden dan  COO USB Implementers Forum (USB-IF) Jeff Ravencraft, seperti dikutip dari The Register.

Kecepatan transfer yang berlipat dua itu bukan satu-satunya peningkatan yang bakal diterapkan pada USB 3.0. "Poin utama lainnya adalah bahwa kami meningkatkan kemampuan encoding data sehingga kemampuan transfer data bisa menjadi lebih efisien. Ini akan meningkatkan kecepatan, efisiensi I/O power pun menjadi lebih tinggi," lanjut Ravencraft.

Ketua USB 3.0 Promoter Group Brad Saunders menambahkan bahwa peningkatan kecepatan USB 3.0 dilakukan dengan melipatduakan clockrate, di samping meningkakan efisiensi transfer data. "Bandwidth dua kali lebih tinggi itu perkiraan minimal."

Encoding data model baru yang akan diterapkan pada interface USB 3.0 ini kompatibel dengan semua jenis data, termasuk audio dan video.

Akan tetapi, untuk bisa menikmati kecepatan teoritis yang lebih tinggi tersebut, nantinya juga akan diperlukan kabel model baru. "Soalnya, kabel-kabel lama itu tak bisa mendukung standar kecepatan baru," jelas Saunders, sambil meyakinkan bahwa port USB baru ini mempertahankan kompatibilitas dengan  port USB versi sebelumnya.

Soal namanya, belum jelas standar USB 3.0 baru tersebut akan dipanggil apa. Dulu, ketika pertama kali diperkenalkan tahun 1996, port universal ini disebut sebagai "USB" saja. Lalu, bulan April tahun 2000, USB 2.0 menambahkan embel-embel di depan sehingga menjadi "Hi-Speed USB". Lalu ada USB 3.0, yang dinamai "SuperSpeed USB".

"Kami akan mengembangkan brand-nya beriringan dengan update spesifikasi," ujar Saunders.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.