Kompas.com - 09/01/2013, 12:41 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Meski secara resmi tak berpartisipasi dalam pameran produk elektonik Consumer Electronics Show (CES) 2013, Microsoft tetap mengirimkan perwakilannya. Salah satunya Chief Financial Officer Microsoft Tami Reller yang didapuk untuk mengumumkan angka penjualan Windows 8.

Pada ajang CES 2013 yang digelar di Las Vegas, AS, Microsoft, pada Selasa (8/1/2013), mengumumkan, telah berhasil menjual sebanyak 60 juta lisensi dan upgrade sistem operasi Windows 8 dalam waktu 10 pekan sejak produk itu dirilis pada 26 Oktober 2012.

"Penjualan Windows 8 berhasil melampaui Windows 7," kata Reller seperti dikutip dari Reuters.

Angka ini menandai awal yang cukup baik, meski tidak terlalu spektakuler mengingat ia belum berhasil menghidupkan kembali penjualan komputer pribadi yang menurun. Komputer layar sentuh dan laptop kategori baru convertible/hybrid PC yang memakai Windows 8 juga belum menjadi perhatian konsumen.

Reller tidak merinci komposisi penjualan Windows 8 yang dijual kepada produsen komputer, atau penjualan lisensi penuh maupun upgrade. Ia juga tak mengungkap penjualan tablet Surface besutan Microsoft.

Dari angka yang diungkapkan Reller, terlihat bahwa penjualan Windows 8 lebih cepat dibandingkan Windows 7 yang dirilis pada 2009 lalu. Jika dirata-rata, Microsoft berhasil menjual 20 juta lisensi Windows 8 dalam sebulan. Dibandingkan dengan Windows 7, produk ini terjual sekitar 19,4 juta lisensi per bulan dalam sembilan bulan pertama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.