Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pekan, Windows 8 Terjual 60 Juta Lisensi

Kompas.com - 09/01/2013, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Meski secara resmi tak berpartisipasi dalam pameran produk elektonik Consumer Electronics Show (CES) 2013, Microsoft tetap mengirimkan perwakilannya. Salah satunya Chief Financial Officer Microsoft Tami Reller yang didapuk untuk mengumumkan angka penjualan Windows 8.

Pada ajang CES 2013 yang digelar di Las Vegas, AS, Microsoft, pada Selasa (8/1/2013), mengumumkan, telah berhasil menjual sebanyak 60 juta lisensi dan upgrade sistem operasi Windows 8 dalam waktu 10 pekan sejak produk itu dirilis pada 26 Oktober 2012.

"Penjualan Windows 8 berhasil melampaui Windows 7," kata Reller seperti dikutip dari Reuters.

Angka ini menandai awal yang cukup baik, meski tidak terlalu spektakuler mengingat ia belum berhasil menghidupkan kembali penjualan komputer pribadi yang menurun. Komputer layar sentuh dan laptop kategori baru convertible/hybrid PC yang memakai Windows 8 juga belum menjadi perhatian konsumen.

Reller tidak merinci komposisi penjualan Windows 8 yang dijual kepada produsen komputer, atau penjualan lisensi penuh maupun upgrade. Ia juga tak mengungkap penjualan tablet Surface besutan Microsoft.

Dari angka yang diungkapkan Reller, terlihat bahwa penjualan Windows 8 lebih cepat dibandingkan Windows 7 yang dirilis pada 2009 lalu. Jika dirata-rata, Microsoft berhasil menjual 20 juta lisensi Windows 8 dalam sebulan. Dibandingkan dengan Windows 7, produk ini terjual sekitar 19,4 juta lisensi per bulan dalam sembilan bulan pertama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com