Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan "Socmed" Curi Perhatian di CES 2013

Kompas.com - 10/01/2013, 08:16 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Di arena CES 2013, di tengah produsen startup berbagai belahan dunia, produk i'm Watch (oleh pembuatnya, i pada i'am sengaja dibuat huruf kecil dan W pada Watch dibuat huruf besar) buatan Italia, yang dianggap sebagai SmartWatch atau jam tangan pintar, mencuri perhatian sebagian pengunjung pameran.

Area booth yang tak besar, membuat pengunjung harus berdesak-desakan dan antre untuk menyaksikan demo i'm Watch. Sepintas, jam tangan ini punya fungsi unik: bisa digunakan untuk percakapan telepon dan juga diklaim sangat trendi untuk aktivitas sehari-hari di social media (socmed).

Jam tangan ini berukuran normal seperti layaknya jam tangan lainnya. Bedanya, di dalam jam tersebut ditanamkan aplikasi canggih yang membuat penggunanya senantiasa terkoneksi ke internet.

Dalam demonya, perwakilan i'm Watch menjelaskan jam tangan tersebut menggunakan sistem operasi bernama i'am Droid 2, yang diklaim sebagai perangka lunak terbaik untuk sebuah jam tangan. "Dengan hanya gerakan tunggal, misal menggerakkan lengan tangan, maka bisa membuka dan menutup aplikasi, menerima notifikasi dari social media, atau menolak panggilan telepon," katanya.

Untuk aplikasi besarnya, masih mengandalkan smartphone yang dimiliki pengguna. Smartphone tersebut dihubungkan ke jam tangan menggunakan Bluetooth. Jika ingin menggunakan internet di jam tangan, bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan tethering pada smartphone, tentunya bagi smarphone yang memiliki fitur tethering.

Sudah pasti, karena berbasis social media, i'm Watch juga bisa mengakses Facebook, Twitter, dan berbagai fitur umum di internet melalui smartphone. Bahkan, i'm Watch juga membekali diri dengan i'market, yang didalamnya sudah ada berbagai aplikasi bermanfaat, mirip Google Play pada Android.

Berkat i'market inilah, apapun nantinya bisa dikerjakan oleh i'm Watch. Mulai dari kegiatan smartphone dasar, hingga mengelola jadwal setiap harinya.

Fitur lain pada jam tangan berukuran 52,90 x 40,60 x 10 mm ini adalah kompas penunjuk arah, akselerometer, kemampuan terhubung dengan sensor eksternal melalui bluetooth (misal pedometer, monitor detak jantung, dll). Di Amerika Serikat, jam tangan ini dibandrol dengan harga 389 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com