Laptop Bakal Disalip Tablet, "Kiamat PC" Makin Nyata?

Kompas.com - 10/01/2013, 15:27 WIB
EditorReza Wahyudi

Iconia A511, tablet baru besutan Acer yang menggunakan prosesor quad core Nvidia Tegra 3

KOMPAS.com - Lembaga riset NPD Display Search memprediksi pengiriman perangkat komputer tablet secara global akan melampaui pengiriman komputer jinjing atau laptop di tahun 2013 ini. Di Amerika Serikat dan China, tanda-tanda itu terlihat sejak 2012 lalu.

Sekitar 18 bulan lalu, beberapa analis telah memprediksi pengiriman ponsel pintar akan menyalip pengiriman komputer pribadi (personal computer/PC). Mungkin mulanya sebagian orang menganggap ini tidak terlalu serius. Tapi beberapa bulan kemudian, prediksi itu tak lagi dianggap isapan jempol belaka. Tren komputasi bergeser ke perangkat mobile semakin terlihat.

Beberapa kalangan, termasuk pendiri Apple Steve Jobs, menyebut bahwa era komputer pribadi (PC) akan berakhir alias "Kiamat PC" (atau biasa disebut "Post-PC era"). Mereka memprediksi tren teknologi bakal bergeser ke perangkat mobile.

Tablet telah memakan pangsa pasar komputer jinjing mungil netbook. Pertumbuhan tablet sangat signifikan, bahkan mengancam laptop.

"Pada tahun 2013, permintaan tinggi atas tablet memicu pengirimannya bakal melampaui komputer notebook," ujar Richard Shim, analis senior di NPD Display Search. Menurutnya, beberapa perusahaan ternama di Amerika Utara telah meningkatkan investasi untuk perangkat tablet sejak semester kedua tahun 2012.

Perusahaan riset ini memproyeksi sebanyak 240 juta tablet akan dikapalkan secara global tahun ini. Sedangkan pengiriman laptop hanyalah 207 juta secara global. Perbedaan jumlah ini mewakili transisi tren perangkat mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

NPD Display Search melakukan prediksi jangka panjang hingga 2017, di mana pangsa pasar notebook jauh lebih sedikit dibanding tablet.


Dalam laporannya, NPD Display Search memperkirakan di tahun 2013 pengiriman perangkat komputer berukuran 7 inci hingga 9 inci, lebih besar ketimbang perangkat berukuran 11 inci sampai 13 inci.

Keberadaan tablet berukuran kecil ini mengancam tablet berukuran besar. Pada 2017 nanti, menurut NPD Display Search, perangkat berukuran 7 hingga 9 inci bakal mendominasi pasar global.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.