Kompas.com - 11/01/2013, 09:56 WIB
EditorReza Wahyudi

CNET Youm, layar fleksibel dari Samsung

KOMPAS.com - Samsung kembali memamerkan teknologi layar fleksibel di pameran produk elektronik Consumer Electronics Show (CES) 2013 di Las Vegas, AS, Selasa (8/1/2013). Layar fleksibel itu diberi nama merek Youm.

Perusahaan Korea Selatan mengklaim layar itu tak bisa patah karena sifat fleksibelnya yang bisa ditekuk, digulung, bahkan dilipat.

Youm didesain sangat tipis, memakai teknologi Organic Light Emitting Dioda (OLED). Kualitas gambar dari layar OLED lebih cemerlang, bobotnya lebih ringan dan lebih irit daya listrik.

Teknologi macam ini bisa digunakan pada ponsel, tablet, kamera, alat pemutar lagu digital, dan perangkat komputer lainnya.

Samsung mulai berani memamerkan Youm sejak 2011. Kala itu, dalam pameran CES 2011, Samsung memamerkan layar fleksibel berukuran 4,5 inci yang masih menggunakan teknologi WVGA beresolusi 800 x 480 pixel. Ketipisan Youm waktu itu adalah 0,3mm.

Selain Samsung, perusahaan teknologi lain seperti LG, Sharp, dan Nokia juga mulai mengembangkan layar fleksibel.

 

Cnet
Cnet
Cnet
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.