Kompas.com - 12/01/2013, 18:57 WIB
EditorReza Wahyudi

Arstechnica

KOMPAS.com — Salah satu pendiri situs user generated content Reddit, Aaron H. Swartz (26), ditemukan tewas dan diduga bunuh diri, pada Jumat (11/1/2013) waktu setempat. Swartz ditemukan gantung diri di apartemen miliknya yang terletak di di kota New York, Amerika Serikat.

Informasi ini diungkap oleh paman Swartz, Michael Wolf, kepada situs The Tech.  Informasi tersebut pun sudah dikonfirmasikan oleh pihak pengacara Swartz.

"Informasi yang tragis dan memilukan yang Anda terima, sayangnya, benar," kata Elliot R, pengacara Swartz, seperti dikutip KompasTekno dari The Tech, Sabtu (12/1/2013).

Hingga saat ini, masih belum terungkap alasan di balik keputusan pemuda berusia 26 tahun itu untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis.

Situs teknologi Mashable melansir, Swartz melalui situs pribadinya sempat mengungkapkan niatannya pada tahun 2007 untuk mengakhiri hidupnya. Niat tersebut muncul karena Swartz merasa depresi terhadap masalah kesehatan yang dialaminya.

Sebelum ditemukan meninggal, Swartz juga sedang tersandung sebuah kasus. Swartz dituduh mengunduh secara ilegal sekitar 4 juta dokumen jurnal akademis dari JSTOR, sebuah perpustakaan digital yang menyimpan jutaan jurnal akademis, dan berniat membagikan hasil unduhan tersebut di dunia maya.

Swartz sendiri mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut dan sudah dilepaskan dari penjara dengan uang tebusan 100.000 dollar AS. Namun, proses pengadilan tetap berjalan. Swartz diancam dengan hukuman penjara selama 35 tahun dan denda 1 juta dollar AS.

Swartz dikenal sebagai aktivis internet yang andal. Ia merupakan salah satu orang di balik penciptaan RSS. Hebatnya, hal tersebut Swartz lakukan pada usia yang baru menginjak usia 14 tahun.

Swartz juga dikenal sebagai pendiri DemandProgress.org, sebuah kampanye melawan sensor internet SOPA/PIPA.

Selain itu, Swartz juga merupakan satu dari tiga pendiri Reddit, sebuah situs yang sedang naik daun saat ini. Reddit adalah sebuah situs berisikan berita sosial dan hiburan. Para pengguna terdaftar bebas memasukkan konten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.