Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Integrasi Kopaja di Jalur Transjakarta Mungkin Mundur

Kompas.com - 13/01/2013, 17:38 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menurut rencana, Kopaja S13 (Ragunan-Grogol) dan P20 (Lebak Bulus-Senen) akan terintegrasi dengan jalur transjakarta pada 15 Januari 2013. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, rencana awal tersebut dapat mundur hingga paling lambat seminggu kemudian, yaitu pada 21 Januari 2013.

"Kelihatannya mundur seminggu. Saya ingin persiapannya matang. Ya, paling telat seminggu, lah. Namun, saya push tanggal 15," kata Jokowi seusai bertemu dengan Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2013).

Pengintegrasian kopaja di jalur transjakarta itu diharapkan menjadikan jalur transjakarta lebih produktif dan jarak waktu melintas antara bus yang satu dan yang lainnya lebih cepat. "Supaya jalur transjakarta jadi produktif karena kita sudah tambahkan transjakarta 102 unit. Kalau kopaja bisa masuk, nanti, kan, headway dari bus ke bus dekat sekali. Jadi, itu pelayanan yang mau diberikan. Enggak kaya sekarang, menunggu setengah sampai satu jam," kata Jokowi.

Jokowi pun mengatakan, dalam uji coba tersebut, belum semua jalur transjakarta dapat terintegrasi dengan kopaja AC. Uji coba itu akan dilaksanakan Jokowi di jalur transjakarta koridor I, yaitu Blok M-Kota.

"Ini dicoba dulu yang di Sudiman-Thamrin Koridor I. Nanti di lapangan, saya ikuti dan saya cek," kata Jokowi.

Kopaja yang nanti bisa masuk ke jalur transjakarta Koridor I adalah Kopaja S13 dan P20. Dua trayek itu telah dilengkapi dengan fasilitas AC, wi-fi gratis, dan global positioning system (GPS). Tarif yang dikenai sebesar Rp 5.000.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pihaknya mulai mengubah bentuk pelayanan angkutan umum di Jakarta ini dengan mengintegrasikan angkutan umum reguler ke transjakarta. "Saat ini baru dua kopaja yang sudah memiliki kesiapan ke arah itu. Operator bus tersebut telah memiliki 20 unit bus baru untuk setipa trayek yang akan masuk transjakarta," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com