Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analis Prediksi Angka Penjualan iPad, Naik atau Turun?

Kompas.com - 14/01/2013, 15:07 WIB

apple iPad Mini

KOMPAS.com — Apple memang baru akan mengumumkan laporan keuangan kuartal empat 2012 pada 23 Januari 2013. Namun, para analis sudah tidak sabar untuk memberikan prediksi mereka terkait laporan keuangan tersebut.

Salah satu hal yang menarik dari laporan keuangan Apple adalah jumlah perangkat tablet iPad yang terjual pada kuartal tersebut. Diprediksi penjualan iPad di kuartal tersebut akan meningkat jauh, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2011.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (14/1/2013), situs bisnis Forbes telah mengumpulkan data proyeksi dari 56 analis mengenai penjualan iPad di kuartal tersebut. Beberapa analis yang dikumpulkan berasal dari Wall Street dan sisanya berasal dari analis independen.

Hasilnya, pada analis independen rata-rata memperkirakan ada 25,5 juta iPad yang terjual di kuartal tersebut. Adapun para analis dari Wall Street rata-rata menduga ada 22,8 juta iPad yang laku terjual.

Perkiraan tertinggi dari penjualan perangkat iPad di kuartal tersebut adalah 32 juta unit, sedangkan perkiraan terendah adalah 16,8 juta unit.

Nilai tengah (median) dari prediksi penjualan perangkat iPad di kuartal IV 2012 adalah sejumlah 24 juta perangkat. Nilai ini menunjukkan peningkatan 55 persen peningkatan dari kuartal yang sama tahun 2011. Namun, mengingat jumlah minggu yang lebih banyak di kuartal IV tahun 2011, peningkatan penjualan iPad harusnya ada di angka 67 persen.

Apple menghadirkan 3 seri iPad tahun 2012 yang lalu. Pada bulan Maret, Apple meluncurkan iPad tiga dengan layar Retina 264ppi. Di bulan November, Apple langsung meluncurkan iPad generasi IV dan juga iPad Mini berlayar 7,9 inci.

Spekulasi terakhir menyebutkan Apple akan meluncurkan iPad 5 dan iPad Mini 2 pada Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com