Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Reddit Gantung Diri, Peretas Bajak MIT

Kompas.com - 14/01/2013, 16:00 WIB

ilustrasi


KOMPAS.com Hanya beberapa jam setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyatakan bakal menginvestigasi kaitan pihaknya dengan kematian Aaron Swartz, kelompok hacktivist Anonymous membobol situs universitas itu dan mengganti laman mukanya (deface).

Swartz, salah seorang pendiri situs user-generated content Reddit, yang memperjuangkan akses terbuka terhadap dokumen-dokumen di internet, ditemukan tewas dalam keadaan gantung diri pada Jumat (11/1/2013) lalu.

Seperti dikutip dari Cnet, pria 26 tahun ini sebelumnya ditangkap pada bulan Juli 2011 dengan tuduhan pencurian 4 juta dokumen dari MIT dan Jstor, arsip digital tempat penyimpanan jurnal ilmiah dan makalah akademis. Dia terancam dijatuhi denda 4 juta dollar AS dan hukuman penjara 50 tahun apabila terbukti bersalah.

Setelah Presiden MIT L Rafael Reif mengeluarkan pernyataan, Minggu (13/1/2013), yang berisi janji untuk melakukan "analisis mendalam terhadap peranan MIT sejak kali pertama mendeteksi aktivitas tidak biasa pada musim gugur 2013 hingga saat ini", grup Anonymous menyerang setidaknya dua situs milik institusi pendidikan tersebut.

cnet.com

Berikut pesan di tampilan utama halaman deface yang antara lain menyebut proses hukum terhadap Swartz sebagai "ketimpangan hukum yang aneh" dan "bayangan gelap dari keadilan yang diperjuangkan sampai mati oleh Aaron". Anonymous memberi daftar berisi imbauan dalam sebuah bagian yang dilabeli "Keinginan kami":

- Kejadian ini diharapkan menjadi pencetus dilakukannya reformasi atas hukum kejahatan cyber dan para penegak hukum yang kerap memanfaatkannya secara berlebihan.

- Kejadian ini diharapkan menjadi pencetus reformasi hukum hak cipta dan kekayaan intelektual agar dikembalikan ke prinsip kebaikan bagi orang banyak, bukannya keuntungan bagi segelintir pihak.

- Kejadian ini diharapkan bisa mengingatkan tentang penindasan dan ketidakadilan yang dilakukan pihak-pihak dan institusi tertentu terhadap siapa pun yang berani menentang, serta memunculkan solidaritas dan gotong royong yang lebih besar sebagai reaksinya.

- Kejadian ini diharapkan menjadi landasan bagi komitmen yang baru dan kokoh untuk internet yang bebas dari kekangan, serta kesempatan akses yang setara untuk semua orang.

Para jaksa penuntut dalam kasus Swartz sebelumnya dikritik karena berusaha untuk menjadikan Swartz sebagai contoh bagi orang lain yang coba-coba melanggar hak cipta. Keluarganya turut menyalahkan MIT dan pihak pemerintah atas kematian Aaron.

"Kematian Aaron bukan hanya tragedi pribadi, melainkan juga akibat dari sistem pengadilan kriminal yang sarat dengan penindasan dan penuntutan yang melampaui batas. Keputusan para pejabat di Kejaksaan Massachusetts dan MIT turut berkontribusi pada kematiannya," tulis keluarga Swartz dalam sebuah pernyataan resmi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com