Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenang Pendiri Reddit, Jurnal Ilmiah "Terkunci" Dibebaskan

Kompas.com - 15/01/2013, 10:21 WIB

Arstechnica

KOMPAS.com — Kalangan akademis dan peneliti di Amerika Serikat mengunggah jurnal-jurnal ilmiah yang terlindung hak cipta (copyright) ke internet untuk mengenang akitivis internet sekaligus pencipta RSS 1.0, Aaron Swartz.

Kampanye dukungan terhadap Swartz, seperti dilansir The Verge, semula muncul di Reddit yang ditulis Micah Allen, peneliti ilmu saraf dan plastisitas otak.

"Sebuah penghormatan yang tepat kepada Aaron dapat berupa protes massal dengan mengunggah artikel-artikel penelitian yang diproteksi hak cipta," tulis Allen.

Allen juga mengampanyekan agar artikel-artikel penelitian itu berada di Google Docs dan menyebarkan tautannya melalui Twitter.

Kampanye usulan Allen didukung berbagai pengguna Twitter yang menyebarkan tautan-tautan dokumen ilmiah dengan hashtag #pdftribute.

Swartz meninggal bunuh diri pada usia 26 tahun ketika menghadapi dakwaan pidana federal. Aktivis internet itu didakwa secara ilegal mengunduh lebih dari empat juta dokumen dari basis data jurnal akademis JSTOR di Kampus MIT.

Sebelumnya, perpustakaan digital dalam jaringan JSTOR akan menawarkan akses terbuka untuk 1.200 jurnal dari 700 penerbit. (ANT)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com