Kompas.com - 15/01/2013, 10:36 WIB
EditorReza Wahyudi

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sony memamerkan ponsel pintar Android andalannya yang memakai prosesor quad-core di Singapura, Selasa (15/1/2013). Xperia Z, demikian nama ponsel tersebut, siap bersaing dengan para kompetitornya. Senjata andalan utamanya adalah tahan air dan tahan debu.

Jika dilihat dari komponen perangkat keras, maka Xperia Z akan bersaing dengan Samsung Galaxy S III, HTC One X+, dan LG Nexus 4. Ketiga produk ini memakai prosesor quad-core dan telah dipasarkan di Indonesia.

Xperia Z diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan unit pemrosesan grafis Adreno 320. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean).

Memori internal yang tersedia di Xperia Z sebesar 16 GB dan baterai berkapasitas 2.330 mAh untuk menopang daya hidup ponsel ini. Kamera depannya bersensor 2,2 MP dan kamera belakang 13,1 MP dengan lampu kilat LED.

Layarnya seluas 5 inci berkualitas full-HD beresolusi tinggi, yaitu 1.920 x 1.080 piksel. Untuk membuat layar lebih cemerlang, Sony menambah teknologi layar itu dengan Mobile Bravia Engine 2. Ini merupakan teknologi yang biasa disematkan Sony pada televisi layar datar seri Bravia.

Semua slot dan port yang terdapat di Xperia Z ditutup rapat. Sony mendesain Xperia Z agar tahan debu dan tahan air, serta mendapat sertifikat ketahanan militer IP55 dan IP57. Ia sanggup diajak menyelam di air kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit.

Xperia ZL
Sony membuat produk kembar untuk Xperia Z, yaitu Xperia ZL. Keduanya memiliki spesifikasi perangkat keras yang sama. Meski sama-sama berukuran 5 inci, Xperia ZL memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan kakaknya. Selain itu, Xperia Z juga lebih tipis dan lebih ringan.

Jika Xperia Z diselimuti materi kaca pada bagian belakang, maka Xperia ZL diselimuti dengan materi plastik yang agak cembung.

Kedua produk ini juga dibekali slot MicroSD, MicroSIM Card, dan port audio 3,55 mm. Konektivitas nirkabel mendukung WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan bisa digunakan sebagai WiFi Hotspot.

Sony tidak membekali fitur tahan air dan debu pada Xperia ZL. Port yang terdapat di Xperia ZL terbuka begitu saja.

Ada beberapa kelebihan Xperia ZL yang tidak dimiliki kembarannya. Pertama, pada fitur infra merah/IrDA dan kapasitas baterai lebih besar, yakni 2.370 mAH.

Pihak Sony mengatakan, kedua produk ini akan masuk ke Indonesia sekitar bulan April 2013. Namun, Sony belum bisa memastikan harga resmi untuk kedua produk ini. Karena secara keseluruhan Xperia Z lebih unggul, besar kemungkinan harganya dibanderol lebih tinggi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.