Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Sony Xperia Z dan Xperia ZL

Kompas.com - 15/01/2013, 11:18 WIB

Sony Xperia Z dan Xperia ZL

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sony kembali merilis produk "kembar" dalam portofolio ponsel pintar Android. Setelah Xperia T dan Xperia TX, kini Sony merilis ponsel "kembar" Xperia Z dan Xperia ZL. Apa perbedaan di antara keduanya?

Xperia Z dan Xperia ZL memiliki kesamaan dari sisi spesifikasi komponen perangkat keras. Keduanya sama-sama memakai prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan unit pemrosesan grafis Adreno 320.

Layarnya juga sama-sama berukuran 5 inci dengan resolusi full-HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar itu memiliki kerapatan piksel 441 piksel per inci (ppi) dan menggunakan Mobile Bravia Engine 2, yang biasanya disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Memori internal sebesar 16 GB telah terisi sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean). Kamera depan bersensor 2,2 MP dan kamera belakang 13,1 MP dengan lampu kilat LED.

Keduanya juga dibekali slot MicroSD, MicroSIM Card, dan port jack audio 3,55mm. Konektivitas nirkabel mendukung WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan bisa digunakan sebagai WiFi Hotspot.

Perbedaan

Setelah kesamaan, mari membicarakan perbedaan Xperia Z dan Xperia ZL. Pertama, Xperia Z terlihat lebih panjang dan lebih lebar. Ia juga lebih tipis dibandingkan Xperia ZL.

Xperia ZL memiliki dimensi panjang dan lebar 5,18 x 2,7 inci, sedangkan Xperia Z 5,47 x 2,79 inci.

Xperia Z memiliki ketebalan 0,31 inci, sedangkan Xperia ZL 0,39 inci. Ketebalan ini juga memengaruhi bobot; yang dalam hal ini Xperia Z memiliki berat 146 gram, sedangkan Xperia ZL 151 gram.

Pebedaan di antara keduanya juga ada pada materi yang digunakan. Bagian belakang Xperia Z diselimuti oleh kaca yang membuatnya terlihat elegan, sedangkan Xperia ZL diselimuti materi plastik agak cembung.

 


Xperia Z didesain tahan air dan debu, yang mendapat sertifikat ketahanan militer IP55 dan IP57. Ia sanggup "menyelam" di air kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Semua port dan slot yang ada di Xperia Z tertutup dengan rapat.

Namun, Sony tidak membekali fitur tahan air dan debu ini pada Xperia ZL. Port yang terdapat di Xperia ZL terbuka begitu saja.

Ada beberapa kelebihan Xperia ZL yang tidak dimiliki kembarannya. Pertama, fitur infra merah/IrDA yang dapat mengubah fungsi Xperia ZL sebagai remote untuk mengontrol televisi, DVD player, dan perangkat elektronik lain yang mendukung infra merah.

Selain itu, kapasitas baterai Xperia ZL dibuat lebih besar, yakni 2.370 mAH; dibandingkan Xperia Z yang berkapasitas 2.330 mAh.

Perbedaan terakhir terletak pada pilihan warna. Xperia Z akan tersedia dalam warna hitam, putih, dan ungu; sedangkan Xperia ZL hanya hitam dan putih.

Secara keseluruhan, Xperia Z lebih unggul dibandingkan Xperia ZL. Desain berselimut kaca, ukuran lebih panjang, dan tahan air. Perusahaan Jepang ini akan membanderol harga Xperia Z lebih tinggi ketimbang Xperia ZL.  Namun, Sony belum bisa memastikan harga resmi untuk kedua produk. Pihak Sony hanya mengatakan, kedua produk ini akan masuk ke Indonesia sekitar bulan April 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com