Kompas.com - 15/01/2013, 11:18 WIB
EditorReza Wahyudi

Sony Xperia Z dan Xperia ZL

SINGAPURA, KOMPAS.com — Sony kembali merilis produk "kembar" dalam portofolio ponsel pintar Android. Setelah Xperia T dan Xperia TX, kini Sony merilis ponsel "kembar" Xperia Z dan Xperia ZL. Apa perbedaan di antara keduanya?

Xperia Z dan Xperia ZL memiliki kesamaan dari sisi spesifikasi komponen perangkat keras. Keduanya sama-sama memakai prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan unit pemrosesan grafis Adreno 320.

Layarnya juga sama-sama berukuran 5 inci dengan resolusi full-HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar itu memiliki kerapatan piksel 441 piksel per inci (ppi) dan menggunakan Mobile Bravia Engine 2, yang biasanya disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Memori internal sebesar 16 GB telah terisi sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean). Kamera depan bersensor 2,2 MP dan kamera belakang 13,1 MP dengan lampu kilat LED.

Keduanya juga dibekali slot MicroSD, MicroSIM Card, dan port jack audio 3,55mm. Konektivitas nirkabel mendukung WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan bisa digunakan sebagai WiFi Hotspot.

Perbedaan

Setelah kesamaan, mari membicarakan perbedaan Xperia Z dan Xperia ZL. Pertama, Xperia Z terlihat lebih panjang dan lebih lebar. Ia juga lebih tipis dibandingkan Xperia ZL.

Xperia ZL memiliki dimensi panjang dan lebar 5,18 x 2,7 inci, sedangkan Xperia Z 5,47 x 2,79 inci.

Xperia Z memiliki ketebalan 0,31 inci, sedangkan Xperia ZL 0,39 inci. Ketebalan ini juga memengaruhi bobot; yang dalam hal ini Xperia Z memiliki berat 146 gram, sedangkan Xperia ZL 151 gram.

Pebedaan di antara keduanya juga ada pada materi yang digunakan. Bagian belakang Xperia Z diselimuti oleh kaca yang membuatnya terlihat elegan, sedangkan Xperia ZL diselimuti materi plastik agak cembung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.